Peternak Semringah, Penjualan Hewan Qurban di Medan Meningkat 70 Persen

Sabtu, 10 Juni 2023 – 22:34 WIB
Peternak Semringah, Penjualan Hewan Qurban di Medan Meningkat 70 Persen - JPNN.com Sumut
Pekerja memberikan rumput untuk sapi di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (10/6/2023). Foto: Antara/M Sahbainy Nasution

sumut.jpnn.com, MEDAN - Penjualan hewan qurban mulai meningkat di Kota Medan menjelang hari raya Iduladha 1444 Hijriah/2023 Masehi. Peningkatan penjualan qurban hingga mencapai 70 persen.

"Alhamdulillah, kalau penjualan kambing menjelang Iduladha meningkat hingga mencapai 70 persen dari hari biasa," ujar penjual hewan kurban khusus kambing, Fitrah di Medan, Sabtu (10/6).

Fitrah mengatakan meningkatnya penjualan seiring mulai berdatangannya pemesanan hewan qurban dari Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) di Kota Medan maupun dari Badan Amil Zakat.

"Untuk memenuhi permintaan kambing pada Iduladha tahun ini kami mencari hingga ke seputar Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai," ungkapnya.

Dia menjelaskan untuk harga kambing, ia menyebut berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta per ekor tergantung berat dan jenisnya.

Peternak lainnya, Ponco, mengatakan tahun ini penjualan hewan qurban meningkat hingga 40 persen dibanding tahun lalu.

"Apalagi tahun ini sudah tidak ada lagi pandemi Covid-19 atau PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Kalau tahun lalu, sapi yang masuk dari Aceh harus dikarantina baru bisa dijual, sekarang sudah tidak ada lagi," ucapnya.

Menurutnya puncak penjualan hewan kurban menjelang Idul Adha pada pekan ini, sebab sudah banyak yang memesan baik dari perusahaan, BKM di Kota Medan dan sekitarnya maupun pribadi.

Peternak di Kota Medan semringah sebab permintaan hewan qurban meningkat drastis menjelang Iduladha
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia