Berstatus Endemis DBD, Ini 10 Daerah di Sumut dengan Kasus Tertinggi

Jumat, 28 April 2023 – 06:00 WIB
Berstatus Endemis DBD, Ini 10 Daerah di Sumut dengan Kasus Tertinggi - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Petugas melakukan pengasapan (fogging) untuk mengantisipasi wabah demam berdarah dengue (DBD). Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan selruruh kabupaten dan kota di wilayah tersebut sudah berstatus endemis demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan jumlah kasus DBD setiap tahun terus meningkat dan saat ini 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara telah menjadi endemis DBD.

"Dahulu hanya di Medan. Sekarang di 33 kabupaten dan kota ada semua. DBD di Sumut sudah menjadi endemis," kata Alwi Mujahit, Kamis (27/4).

Dia menjelaskan di antara 33 wilayah itu ada 10 kabupaten dan kota yang tercatat dengan kasus tertinggi.

Wilayah dengan kasus DBD tertinggi itu, yakni Kota Medan, Deli Serdang, Kota Pematangsiantar, Kota Gunung Sitoli, Simalungun, Batu Bara, Serdang Bedagai, Langkat, Nias Utara dan Kota Binjai.

Menurutnya, terjadi peningkatan kasus DBD dari tahun ke tahun. Pada 2022, lanjutnya, angka kasus DBD ada 8.541kasus di Sumatera Utara.

Jumlah tersebut, kata Alwi, meningkat drastis dari tahun sebelumnya, yakni pada 2021 yang hanya 2.918 kasus.

Sedangkan pada tahun 2023, hingga bulan Maret, sudah tercatat 1.265 kasus atau hampir 50 persen dari total kasus DBD pada tahun 2021.

Dinas Kesehatan Sumut mencatat seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Utara telah berstatus endemis DBD, ini 10 daerah dengan kasus tertinggi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News