Fungsikan Poskamling Cara Warga Sari Rejo Medan Ciptakan Keamanan saat Lebaran

Kamis, 20 April 2023 – 21:46 WIB
Fungsikan Poskamling Cara Warga Sari Rejo Medan Ciptakan Keamanan saat Lebaran - JPNN.com Sumut
Sejumlah warga melakukan ronda di Pos Kamling 45 Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia. Foto: Antara/HO)

sumut.jpnn.com, MEDAN - Lebaran menjadi momentum yang dimanfaatkan masyarakat di perkotaan untuk pulang ke kampung halaman berkumpul dengan keluarga. Pada saat masa mudik Lebaran banyak rumah yang ditinggalkan pemiliknya, sehingga sangat rawan terjadi tindak kejahatan.

Untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan, warga di Lingkungan IV dan V Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia memfungsikan Pos Keamanan Keliling (Pos Kamling) secara sukarela.

Melalui Pos Kamling 45 yang berdiri di Jalan Melati, ratusan warga rutin menggelar ronda malam secara bergilir untuk menjamin keamanan dan kondusifitas di wilayah tersebut, terlebih saat momentum Lebaran 2023.

"Kegiatan ini mulanya digagas pada Ramadan tahun lalu yang berawal dari keresahan masyarakat atas tindakan kejahatan seperti pencurian dan lainnya," kata Kepala Lingkungan IV, Kelurahan Sari Rejo Zulkarnain Siahaan, Kamis (20/4).

Zukarnain mengatakan atas dasar keresahan bersama itu warga Lingkungan IV dan V bersepakat untuk membuat Pos Kamling. Kegiatan sosial ini pun efektif mencegah tindak kejahatan dan beranjut hingga hari ini.

"Apalagi ini merupakan momentum Lebaran, tentu banyak warga yang akan mudik. Ditambah setelah dicabutnya PPKM (Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) di Indonesia," ucapnya.

Dia mengatakan dengan banyaknya warga mudik ke kampung halaman, pihaknya pun bersama warga mengintensifkan peran Pos Kamling 45 dengan membentuk tim guna mejamin rasa aman dan nyaman bagi warga yang ada di lingkungan IV dan V Kelurahan Sari Rejo.

"Pada ronda malam ini, kami sudah membentuk jadwal piket. Jadi, secara terus menerus lingkungan ini terjaga dan merasakan aman dan nyaman baik yang akan melakukan mudik maupun tidak," ujarnya.

Warga di Kelurahan Sari Rejo manfaatkan Pos Kamling untuk menciptakan suasana aman dan kondusif saat Lebaran 2023
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia