Cuaca Sumut, BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Pegunungan

Jumat, 14 April 2023 – 14:28 WIB
Cuaca Sumut, BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Pegunungan - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Banjir dan longsor melanda wilayah pegunungan Sumatera Utara. Foto: BPBD Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) hari ini, Jumat (14/4).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba mengatakan pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah pegunungan yang disertai angin kencang.

"Kami mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di pegunungan," kata Irene.

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore cerah berawan dengan peluang hujan ringan hingga sedang.

Potensi hujan dengan intensitas sedang dapat terjadi di beberapa wilayah seperti Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Toba, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Toba, Samosir, Sibolga, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, cuaca berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat yang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan lebat diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah seperti Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Sibolga, Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara, dan sekitarnya.

BMKG memperkirakan suhu udara berada rata-rata 16.00-33.00 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-98 persen.

BMKG mengimbau masyarakat di Sumatera Utara untuk mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang yang diprediksi melanda wilayah pegunungan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News