Ini Kabupaten Pertama di Sumut yang Hasilkan Kurma, Bikin Wagubsu Musa Rajekshah Bangga

Kamis, 23 Maret 2023 – 04:00 WIB
Ini Kabupaten Pertama di Sumut yang Hasilkan Kurma, Bikin Wagubsu Musa Rajekshah Bangga - JPNN.com Sumut
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (kiri) bersama pemilik kebun kurma Bena Ukur Tarigan di Kutambaru, Kabupaten Karo, Rabu (22/3/2023). Foto: Antara/HO

sumut.jpnn.com, KARO - Pohon kurma biasanya harus ditanam di daerah yang kering dan panas, serta mengandung pasir agar bisa tumbuh dengan subur. Itu sebabnya mengapa tumbuhan yang masuk jenis pohon palem ini hanya terkenal hidup di kawasan timur tengah.

Akan tetapi, ada satu wilayah di Sumatera Utara (Sumut) yang notabenenya sebagai wilayah pegunungan, justru tumbuh berjejer ratusan pohon kurma. Lokasinya terletak di Desa Kutambaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo.

Ratusan batang pohon kurma di ladang milik Bena Ukur Tarigan tumbuh dan berbuah. Tak ayal kebunnya menjadi perhatian banyak orang termasuk Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.

Musa Rajekshah atau yang karib disapa Ijeck ini mengaku bangga karena Kabupaten Karo menjadi daerah yang berhasil menanam dan menghasilkan kurma di Sumatera Utara.

"Di Sumut, satu-satunya daerah dimana kurma bisa ditanam dan berbuah hanya di sini. Luar biasa, panen sawit sudah biasa, panen kurma luar biasa," ujar ijeck saat mengunjungi kebun kurma milik Bena Ukur Tarigan di Kabupaten Karo, Rabu (22/3).

Kendati tumbuh di tempat yang bisa disebut tak lumrah, Musa Rajekshah bahkan mengatakan rasa buah kurma dari kebun Bena Ukur Tarigan sama dengan kurma di Madinah.

Hal ini menurutnya menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Karo. Dia berharap akan banyak masyarakat yang akan mengikuti jejak sukses Bena Ukur.

"Rasanya sama seperti kurma ruthob yang dibeli di Madinah. Ini luar biasa, bersyukur masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Karo, mudah-mudahan bisa banyak Pak Bena Tarigan yang lain di Karo, supaya semakin banyak lagi orang datang ke Karo. Ekonomi berputar, masyarakatnya lebih makmur sejahtera," katanya.

Kabupaten Karo ini menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang ditumbuhi ratusan pohon kurma yang subur
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News