Pemprov Sumut Raih KPPU Award 2023 atas Kontribusi Mendukung Persaingan Usaha yang Sehat

Jumat, 17 Februari 2023 – 16:43 WIB
Pemprov Sumut Raih KPPU Award 2023 atas Kontribusi Mendukung Persaingan Usaha yang Sehat - JPNN.com Sumut
Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin menyerahkan KPPU Award 2022 kepada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho di Jakarta, Kamis (16/2). Foto: Diskominfo Sumut

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) meraih anugerah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2023 kategori persaingan usaha tingkat daerah. Anugerah tersebut diberikan kepada instansi yang berkontribusi dan mendukung persaingan usaha yang sehat.

Anugerah tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho. Penghargaan tersebut menjadi anugerah yang ketiga kalinya diterima Pemprov Sumut.

“Pemprov Sumut terus berkomitmen menciptakan kesempatan berusaha yang sama bagi semua pelaku usaha di Sumut,” kata Arief seusai menerima anugerah di Grand Ballroom Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (16/2).

Arief mengatakan akan berkomitmen mendukung dan menciptakan persaingan usaha yang sehat di Provinsi Sumatera Utara dengan bersinergi bersama seluruh pihak untuk menjaga ekosistem berusaha yang adil terutama dengan KPPU.

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin juga mengatakan pemerintah terus bekerja memastikan hadirnya ekosistem usaha yang memenuhi rasa keadilan bagi pelaku usaha.

Menurutnya, dikotomi persaingan usaha yang tidak berimbang mesti diganti dengan kemitraan yang kuat, sehat, dan saling menguntungkan.

Ma’ruf Amin juga meminta para pemangku kebijakan perlu mengambil beberapa langkah penting. Mulai dari mengadopsi regulasi terkait pengawasan persaingan usaha dalam pengambilan kebijakan secara lebih sederhana dan aplikatif, memastikan kepatuhan pelaksanaan aturan dan regulasi oleh pelaku usaha, serta menjaga kepentingan negara, masyarakat, pasar, dan pelaku usaha secara proporsional dan akuntabel.

Wapres meminta KPPU terus memperkuat sinergi dengan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan terkait dengan pengawaasan kemitraan UMKM yang lebih efektif.

Pemprov Sumut meraih anugerah KPPU Award 2022 atas kontribusi mendorong persaingan usaha yang sehat di Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News