BMKG Minta Masyarakat di Sumut Waspada Potensi Hujan Lebat yang Menyebabkan Banjir

Selasa, 31 Januari 2023 – 18:23 WIB
BMKG Minta Masyarakat di Sumut Waspada Potensi Hujan Lebat yang Menyebabkan Banjir - JPNN.com Sumut
BMKG keluarkan prakiraan cuaca di Sumut hari ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut) yang diprediksi akan diguyur hujan lebat.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Martha R Manurung mengatakan potensi hujan diprakirakan akan melanda wilayah lereng timur, pegunungan dan lereng barat.

“Waspada hujan lebat di lereng timur, pegunungan, dan lereng barat yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Martha R Manurung, Selasa (31/1).

Dia menjelaskan secara umum di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari akan berawan dan berpeluang hujan ringan. Kondisi tersebut diprakirakan akan melanda wilayah Kabupaten Langkat.

Sedangkan siang dan sore hari, potensi hujan sedang hinga lebat akan terjadi di Langkat, Medan, Deli Serdang, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Utara, Samosir, Humbahas, dan sekitarnya.

Malam hari, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Kepulauan Nias, Simalungun, Asahan, Samosir, Langkat, Humbahas, Karo, Dairi, Pakpak Bharata, Batubara, Sergai, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Madina, dan Sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 18.0-32.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 65-98 persen dan angin berhembus dari Barat Laut –Timur Laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara (Sumut), berikut wilayahnya

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News