Operasi Lilin Toba 2022: 13 Ribu Personel Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru

Kamis, 22 Desember 2022 – 13:46 WIB
Operasi Lilin Toba 2022: 13 Ribu Personel Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru - JPNN.com Sumut
Kapolda Sumut Irjen Panca saat mengecek kesiapan personel gabungan saat apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba 2022 di Lanud Soewondo Medan, Kamis (22/12). Foto: Humas Polda Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar apel gabungan Operasi Lilin Toba 2022 untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di Provinsi Sumatera Utara. Apel yang melibatkan 13.591 personel itu digelar di Lapangan Lanud Soewondo, Kota Medan, Kamis (22/12).

Kapolda Sumatera Utara Irjen Panca Putra Simanjuntak mengatakan Operasi Lilin Toba itu melibatkan seluruh unsur baik Polri, TNI, dan pemerintah setempat yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan dan lainnya.

"Ada 13.591 personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Lilin Toba tahun ini. Selain itu, disiapkan 219 pos yang terdiri dari 120 titik pos pengamanan (PAM), 70 titik pos pelayanan dan 29 titik pos terpadu. Setiap pos bisa digunakan oleh pemudik untuk beristirahat," kata Irjen Panca.

Panca mengatakan Operasi Lilin Toba 2022 akan digelar serentak di seluruh wilayah hukum Sumatera Utara. Pengamanan akan dilakukan di tempat ibadah dan tempat khusus lainnya seperti bandara, pelabuhan dan terminal.

"Operasi ini akan dilaksanakan sesuai dengan amanat Bapak Kapolri yakni menyiapkan pos pengamanan (Pos PAM) dan pos pelayanan (Pos YAN). Kemudian penganan di gereja guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang beribadah," ujarnya.

Mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) ini menjamin keamanan masyarakat yang akan melaksanakan ibadah di gereja. Personel gabungan sudah ditempatkan untuk memberikan rasa aman saat ibadah Natal.

Selain itu, Irjen Panca juga mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi rambu lalu lintas saat mudik dan mematuhi imbauan dari petugas yang ada di lapangan.

Panca menyebut Operasi Lilin Toba 2022 akan diberlakukan mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023 atau selama 11 hari.

Irjen Panca memimpin apel Operasi Lilin Toba 2022 yang melibatkan 13.591 personel di Lapangan Lanud Soewondo Medan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia