Lagu ‘Bersatu Kita Juara’ Dinobatkan Sebagai Pemenang Sayembara Cipta Lagu Tema PON Aceh-Sumut 2024

Rabu, 21 Desember 2022 – 19:20 WIB
Lagu ‘Bersatu Kita Juara’ Dinobatkan Sebagai Pemenang Sayembara Cipta Lagu Tema PON Aceh-Sumut 2024 - JPNN.com Sumut
Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara bersama Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ Aceh - Sumut 2024, mengumumkan pemenang sayembara cipta 'lagu tema' PON dengan judul lagu 'Bersatu Kita Juara' yang juga menjadi tagline ajang multi event olahraga empat tahunan itu. Foto: ANTARA/Juraidi

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Utara bersama Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mengumumkan lagu ‘Bersatu Kita Juara’ sebagai pemenang sayembara cipta lagu tema PON Aceh-Sumut XXI. Lagu tersebut juga menjadi tagine ajang kegiatan olahraga empat tahunan itu.

Abi Nubli Qisthy peserta asal Kota Medan diumumkan sebagai pemenang dalam sayembara cipta lagu tema PON yang digelar di Kantor Dispora Sumut. Atas karyanya itu ia berhak membawa pulang hadiah Rp 50 juta yang langsung diserahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Tuahta Ramajaya Saragih didampingi Sekretaris Umum PB PON XXI/2024 Aceh-Sumut wilayah Sumut Afifi Lubis.

Kadispora Sumut Tuahta mengatakan lomba cipta tema lagu tersebut merupakan lanjutan dari sayembara logo, maskot dan tagline PON yang sebelumnya sudah dilakukan dan sudah diumumkan pemenangnya. Sedangkan sayembara lagu baru dimulai pada akhir November dan penjurian dimulai awal Desember oleh para dewan juri yang telah ditunjuk.

"Ada 14 yang mengirimkan karyanya dan dinilai oleh dewan juri. Para peserta yang mengirim karyanya berasa dari Sumut dan luar termasuk Aceh. Dari sejumlah karya yang dikirim kemudian dikerucutkan menjadi lima besar dan tiga besar, hingga mengumumkan pemenangnya adalah Abi Nubli Qisthy," ucap Tuahta Ramajaya, Rabu (21/12).

Dia mengatakan selanjutnya lagu tema PON itu akan diserahkan kepada KONI pusat dan PB PON untuk dilakukan penyempurnaan lirik dan masukan dari berbagai pihak dan coumposser untuk memperindah lagu tema sebelum diluncurkan secara nasional sebagai lagu tema PON yang resmi.

"Ini bahan mentah atau karya dasar, dan nanti kami serahkan kepada coumposser yang berkompeten untuk memperkaya lagu tema ini. Makanya bisa bertambah ataupun berkurang," ujarnya.

Lebih lanjut, Tuahta mengatakan untuk lagu tema ini akan disosialisasikan secara masif di beberapa kegiatan olahraga di Sumut baik di kejuaraan nasional maupun berskala daerah. Termasuk menekankan kepada pengurus cabang olahraga yang mengadakan kegiatan, wajib memperdengarkan lagu tema PON pada setiap acara seremonial.

"Lagu tema ini juga akan diperdengarkan setelah lagu Indonesia raya, mars patriot, baru diputar lagu tema PON," ungkapnya.

Dispora Sumut dan PB PON Aceh-Sumut mengumumkan pemenang sayembara lagu tema PON kepada Abi Nubli Qisthy peserta asal Kota Medan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News