Kementerian PUPR Targetkan Pemugaran Kota Lama Kesawan di Medan Rampung Oktober 2023

Jumat, 25 Agustus 2023 – 09:00 WIB
Kementerian PUPR Targetkan Pemugaran Kota Lama Kesawan di Medan Rampung Oktober 2023 - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution sedang melihat progres pengerjaan pemugaran Kota Lama Kesawan, Kota Medan. Foto: Antara/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syafriel Tansier mengatakan realisasi fisik pekerjaan pemugaran kawasan Kota Lama Kesawan di Kota Medan hingga 19 Agustus 2023 sudah mencapai 80 persen.

Dia menargetkan pemugaran Kota Lama Kesawan Kota Medan, Sumatera Utara, akan selesai pada Oktober 2023.

Kendati demikian, Syafriel menyebut terdapat beberapa kendala dalam menyelesaikan pekerjaan pemugaran, di antaranya masih adanya aktivitas pedagang kaki lima (PKL) di area trotoar.

"Banyak PKL berjualan di area trotoar yang sedang kami kerjakan, sehingga menyebabkan kerusakan pada impala dan bassalto yang telah terpasang," kata Syafriel, Kamis (24/8).

Sedangkan kendala lain yang harus dihadapi pihaknya hingga kini adalah masalah parkir liar di atas trotoar yang telah selesai dikerjakan.

"Tiang dan kabel utilitas masih bergelantungan mengganggu pekerjaan, juga merusak estetika penataan Kota Lama Kesawan. Sesuai konsep, kabel-kabel yang di udara harus menjadi kabel tanam," tegas Syafriel.

Menanggapi hal tersebut Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman meminta Dinas Perhubungan Kota Medan agar melakukan penertiban parkir liar secara tegas untuk memberikan efek jera.

Aulia juga meminta pihak Kecamatan Medan Barat dan Satpol Pamong Praja Kota Medan menyosialisasikan kepada PKL agar tidak menggelar dagangan di Kota Lama Kesawan.

Kementerian PUPR akan menyelesaikan pemugaran Kota Lama Kesawan di Kota Medan pada Oktober 2023
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News