BBMKG Jelaskan Penyebab Suhu Dingin di Kota Medan, Masyarakat Diminta Waspadai Dampak Konvergensi

Selasa, 13 Desember 2022 – 07:00 WIB
BBMKG Jelaskan Penyebab Suhu Dingin di Kota Medan, Masyarakat Diminta Waspadai Dampak Konvergensi - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - BBMKG Wilayah I Medan menyampaikan penyebab suhu udara Kota Medan menjadi dingin beberapa hari belakangan yang mencapai 20 derajat Celsius. Foto: Antara

sumut.jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menjelaskan kondisi suhu dingin yang melanda Kota Medan dalam beberapa hari terakhir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Sari Iriani Purba mengatakan dalam empat hari belakangan terjadi perubahan suhu udara yang disertai hujan ringan di Kota Medan.

Suhu udara di Ibu Kota Provinsi Sumut itu bahkan berada di angka 20 hingga 25 derajat Celsius dari pagi hingga malam, sejak Kamis (8/12).

"Kalau dari tanggal 8 hingga 11 Desember lalu akibat adanya bibit siklon tropis di sekitar Selat Malaka bagian utara, sehingga menyebabkan suhu dingin di Kota Medan," kata Sari, Senin (12/12).

Sari Purba mengatakan sedangkan pada Senin, suhu udara di Kota Medan berada pada sekitar 27 derajat Celsius.

Dia menyebut perubahan suhu yang terjadi merupakan dampak dari belokan angin yang terjadi di perairan timur Provinsi Riau.

"Kalau suhu udara hari ini di Kota Medan sekitar 27 derajat Celcius akibat belokan angin di perairan timur Riau," urainya.

Waspadai Dampak Konvergensi

Sari Purba mengatakan belokan angin di Provinsi Riau itu menyebabkan udara di Kota Medan secara khusus dan umumnya Sumatera Utara, mendukung terjadinya konvergensi.

BBMKG Wilaya I Medan menyampaikan penyebab suhu udara di Kota Medan mengalami penurunan sejak beberapa hari belakangan, ini penyebabnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News