Tapanuli Utara Diguncang Gempa Magnitudo 4,8 dengan Kedalaman 10 KM

Minggu, 11 Desember 2022 – 16:08 WIB
Tapanuli Utara Diguncang Gempa Magnitudo 4,8 dengan Kedalaman 10 KM - JPNN.com Sumut
Gempa dengan Magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Minggu (11/12). Foto: Antara

sumut.jpnn.com, TAPANULI UTARA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan mencatat terjadi gempa bumi tektonik dengan magnitudo 4,8 di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada Minggu (11/12) pagi sekitar pukul 4.40 WIB.

Kepala BMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho mengatakan pusat gempa tersebut berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer Timur Laut Tapanuli Utara (Taput) dengan kedalaman 10 kilometer.

Episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 2.09 Lintang Utara (LU) dan 98.97 Bujur Timur (BT).

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun," sebutnya.

Dia mengatakan berdasarkan analisis yang dilakukan gempa yang terjadi masih merupakan rangkaian gempa bumi yang terjadi pada 1 Oktober 2022 di Taput lalu.

Dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan masyarakat di Kecamatan Sipoholon Taput IV-V MMI atau pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela, pintu gemerincing dan dinding berbunyi.

Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk hingga gerabah pecah, jendela dan sebagiannya pecah. Kemudian tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Guncangan gempa juga dirasakan di Tarutung IV MMI atau pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela, pintu gemerincing dan dinding berbunyi.

Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Minggu (11/12) pagi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia