Google Trends Mencatat Pencarian "Gempa Cianjur" Meningkat di Dunia, Naik 1.300 Persen

Sabtu, 26 November 2022 – 12:30 WIB
Google Trends Mencatat Pencarian
Google mencatat pencarian "Gempa Cianjur" meningkat di dunia. Ilustrasi Foto: Antara

sumut.jpnn.com - Google mencatat terjadi peningkatan pencarian dengan kata kunci "gempa" di seluruh dunia pada 22 November 2022 pasca-gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Google Trends mencatat peningkatan pencarian penelusuran terkait "gempa" sebesar 1.300 persen di seluruh dunia.

"Indonesia kini berada dalam masa berkabung setelah gempa di Cianjur dan sekitarnya, yang juga memakan korban jiwa begitu banyak. Pada masa genting seperti ini, informasi yang tepat waktu dan bermanfaat sangatlah dibutuhkan," tulis Google dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (25/11).

Untuk diketahui, Google Trends merupakan alat (tools) untuk memahami tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah tertentu dicari relatif terhadap total volume pencarian di situs Google selama periode waktu tertentu.

Sedangkan dari keterangan Google, minat penelusuran tentang gempa menurut kota selama sepekan di Indonesia antara lain kata "Cianjur", "Karang Tengah", "Cisarua", dan "Sukaluyu".

Sedangkan pencarian baru yang mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir di Indonesia, yakni "korban gempa Cianjur dan penyebab gempa Cianjur".

Kemudian, pencarian yang juga mengalami peningkatan signifikan yaitu "apakah ada gempa susulan di Cianjur", "info tsunami hari ini", dan "RSUD Sayang Cianjur alamat".

Menurut Google, kata "open donasi gempa Cianjur" juga tercatat sebagai pencarian baru yang mengalami peningkatan signifikan pada 22 November 2022 di seluruh dunia.

Google Trends mencatat pencarian "Gempa Cianjur" meningkat drastis di dunia
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia