Pemkot Medan Segera Bangun TPS Melalui Konsep 3R

Kamis, 17 November 2022 – 06:00 WIB
Pemkot Medan Segera Bangun TPS Melalui Konsep 3R  - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution (tengah) bersama tim patroli sampah di Sungai Babura. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Sumatera Utara (Sumut), akan menghadirkan tempat pengolahan sampah (TPS) dengan konsep reduce atau mengurangi, reuse atau menggunakan kembali dan recycle atau daur ulang (TPS 3R).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Baharuddin Harahap mengatakan langkah tersebut sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah di perkotaan yang kian meningkat.

"Melalui sosialisasi ini, aparatur kita ajak dan imbau melakukan pengelolaan sampah," ujar Baharuddin, Rabu (16/11).

Dia berharap aparatur di lingkungan Pemkot Medan mengelola sampah di rumah dan lingkungan sekitar, termasuk memanfaatkan sampah warga bernilai guna kembali.

Kegiatan pengelolaan sampah ini diikuti 130 orang, di antaranya jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan bertujuan meningkatkan kesadaran dalam mengelola sampah.

Diketahui, pemateri dihadirkan penggiat lingkungan antara lain, Komunitas Roda Hijau Tengku Muazizah dan Cristella Suwangso serta penggiat budi daya maggot Murzaidir Arfan.

"Sebab penanganan kebersihan di Kota Medan ini merupakan amanat dari Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution," kata dia.

Menurutnya kegiatan mewujudkan program prioritas Pemkot Medan bidang kebersihan salah satunya difokuskan untuk membangun TPS 3R.

Pemkot Medan akan menghadirkan tempat pengolahan sampah dengan konsep 3R
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News