Bobby Nasution akan Segera Benahi Danau Siombak Sebagai Pengendali Banjir di Medan Utara

Selasa, 08 November 2022 – 09:30 WIB
Bobby Nasution akan Segera Benahi Danau Siombak Sebagai Pengendali Banjir di Medan Utara - JPNN.com Sumut
Para nelayan di kawasan Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara. Foto: Dok ANTARA

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan akan segera melakukan revitalisasi Danau Siombak di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) sebagai pengendali banjir di kawasan Medan Utara.

Hal tersebut kata Bobby menyusul telah selesainya detail engineering design (DED) oleh Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada BWS Sumatera II, karena telah bekerja keras dan membantu Pemkot Medan dalam penanganan banjir," ujar Bobby, Senin (7/11).

Menantu Presiden Jokowi itu menjelaskan revitaliasasi danau buatan tersebut merupakan kolaborasi Pemkot Medan dengan BWS Sumatera II.

Danau Siombak, lanjutnya, memiliki diameter sekitar 1.000 meter dan kedalaman 12 meter dengan luas 40 hektare. Danau ini diyakini akan mampu mengatasi banjir yang selama ini dikelauhkan masyarakat di Medan bagian Utara.

"Kami berharap revitalisasi Danau Siombak ini bisa sesegera mungkin dilakukan, mengingat DED-nya sudah sangat matang," tegasnya.

Selain untuk kepentingan pengendalian banjir, lanjutnya, revitalisasi danau bekas galian tanah pembangunan Tol Belmerah pada 1980 itu diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai lokasi rekreasi.

"Namun, ini masih ada yang perlu didiskusikan terutama pembagian tugas Pemkot Medan dan BWS Sumatera II. Kami juga masih menunggu arahan Kementerian PUPR," kata Bobby.

Wali Kota Medan Bobby Nasution akan segera merevitalisasi Danau Siombak sebagai pengendalian banjir di kawasan Medan bagian Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News