Kasus Gagal Ginjal Mulai Menemukan Titik Terang, Sumut Terima Obat Penawar, Sebegini Jumlahnya

Jumat, 28 Oktober 2022 – 20:37 WIB
Kasus Gagal Ginjal Mulai Menemukan Titik Terang, Sumut Terima Obat Penawar, Sebegini Jumlahnya - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Pemeriksaan ginjal. (ANTARA/Shutterstock)

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kasus gagal ginjal akut pada anak di Sumatera Utara (Sumut) sejak sebulan belakangan, yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat mulai mendapat titik terang.

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik menerima obat penawar atau antidotum Fomepizole untuk gangguan ginjal akut progresif atipikal (atypical progressive acute kidney injury) di Sumatera Utara.

"Kami menerima sebanyak empat vial Fomepizole," kata Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP Adam Malik Kota Medan Rosario Dorothy Simanjuntak di Medan, Jumat (28/10).

Fomepizole adalah obat untuk mengatasi keracunan etilen glikol dan dietilen glikol yang diduga menjadi penyebab gangguan ginjal akut pada anak-anak.

Rosario memastikan hingga saat ini stok obat untuk penanganan kasus gangguan ginjal masih mencukupi.

"Stok obat kita saat ini masih mencukupi," katanya.

Dia menjelaskan terdapat 10 anak penderita gagal ginjal akut yang menjalani perawatan di RSUP Haji Adam Malik Medan.

Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya meninggal dunia, sedangkan satu pasien pulang dengan berobat jalan dan dua pasien lainnya sedang dirawat.

RSUP Haji Adam Malik menerima obat penawar atau antidotum Fomepizole bagi penderita gagal ginjal akut pada anak di Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia