Prakiraan Cuaca Sumut, BMK Prediksi Medan dan Beberapa Wilayah Ini Diguyur Hujan Malam Hari

Rabu, 12 Oktober 2022 – 18:13 WIB
Prakiraan Cuaca Sumut, BMK Prediksi Medan dan Beberapa Wilayah Ini Diguyur Hujan Malam Hari - JPNN.com Sumut
BMKG keluarkan prakiraan cuaca di Sumut hari ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca potensi hujan yang mengguyur Kota Medan dan beberapa wilayah lain di Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Martha Manurung mengingatkan masyarakat mewaspadai hujan di pegunungan dengan intensitas lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada hujan lebat yang disertai badai guntur di lereng timur, lereng barat, pantai barat, dan pegunungan yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Martha Manurung, di Medan, Rabu (12/10).

Martha menjelaskan secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Potensi hujan diprediksi akan mengguyur wilayah Langkat, Kota Medan, Karo, Sergai, Deli Serdang, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Toba, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbahas, Madina, dan sekitarnya.

Beranjak malam hari, potensi hujan sedang hingga lebat akan mengguyur wilayah Langkat, Binjai, Karo, Kota Medan, Deli Serdang, Langkat, Sergai, Batubara, Samosir, Simalungun, Toba, Madina, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbahas, dan sekitarnya.

Semantara beranjak dini hari potensi hujan ringan terjadi di Batubara, Asahan, Serdang Bedagai, Labuhanbatu Utara, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 18.0-31.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60-95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.(antara/jpnn)

BMKG mengimbau warga mengantisipasi potensi hujan dengan potensi sedang hingga lebat di pegunungan yang dapat menyebabkan banjir dan longsor

Redaktur & Reporter : Muhlis

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia