Bobby Nasution Targetkan Capaian Program Kesehatan Semesta 96 Persen di Kota Medan

Senin, 12 September 2022 – 22:30 WIB
Bobby Nasution Targetkan Capaian Program Kesehatan Semesta 96 Persen di Kota Medan - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat diwawancarai beberapa waktu lalu. Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menargetkan cakupan program kesehatan semesta (UHC) untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kota Medan di angka 96 persen dari jumlah penduduk.

Hal itu disampaikan Bobby Nasution saat menjawan pemandangan umum fraksi DPRD Kota Medan dalam rapat paripurna nota jawaban kepala daerah atas Ranperda Kota Medan tentang P-APBD 2022 di Medan, Senin (12/9).

"Peningkatan kepesertaan BPJS Kesehatan di 2022 minimal 96 persen dari jumlah penduduk," ujar Bobby Nasution.

Menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mengatakan akan mengupayakan target UHC pada 2023 untuk kepesertaan BPJS Kesehatan sebesar 98 persen.

Dia menyebut hingga September 2022 capaian kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tercatat sudah berada di angka 92,06 persen. Sehingga untuk mencapai target tersebut dibutuhkan sekitar 3,94 persen.

Bobby Nasution menjelaskan akan memenuhi capaian tersebut melalui pemenuhan kuota Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK), dengan mengajukan penduduk dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Medan.

"Kami juga melakukan pengusulan kepesertaan sesuai ketersediaan kuota. Lalu melakukan perhitungan dan pemantauan kepesertaan serta kebutuhan/ketersediaan kecukupan anggaran di APBD," jelas Bobby.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Medan menyebutkan bahwa pencapaian UHC per Mei 2022 sebesar 88,08 persen dari total 2.525.077 jiwa warga Kota Medan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menargetkan capaian program kesehatan semesta di Kota Medan tahun ini bisa mencapai target di angka 96 persen dari total penduduk
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News