Harga CPO Sumut Kembali Menggairahkan, Bergerak ke Rp 9.105 Per Kilogram

Senin, 25 Juli 2022 – 22:27 WIB
Harga CPO Sumut Kembali Menggairahkan, Bergerak ke Rp 9.105 Per Kilogram - JPNN.com Sumut
Harga minyak sawit mentah dan Tandan Buah Segar (TBS) di Sumatera Utara (Sumut) mengalami kenaikan. Ilustrasi/ Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Petani sawit di Sumatera Utara (Sumut) bisa bernapas lega setelah harga tandang buah segar (TBS) sawit tertekan di harga terendah di awal Juli 2022.

Kenaikan harga TBS sawit seiring dengan mulai merangkaknya harga crud palm oil (CPO) Sumut ke harga Rp 9.105 per kilogram karena ekspor yang meningkat.

"Kebijakan pemerintah yang menetapkan tarif pungutan ekspor menjadi nol persen hingga 31 Agustus 2022 membuat permintaan meningkat," ujar Sekretaris Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumatera Utara Darma Sucipto di Medan, Senin (25/7).

Darma Sucipto mengatakan harga CPO Rp 9.105 per kilogram merupakan harga tertinggi di bulan Juli 2022.

Dia mengatakan harga CPO pada 14 Juli 2022 bertengger di Rp 8.000 per kilogram. Harga kemudian merangkak naik ke harga Rp 9.000 per kilogram pada 21 Juli 2022.

"Meski naik terus, tetapi harga CPO belum mencapai harga di awal Juni yang sudah sempat menyentuh Rp12.986 per kilogram atau di posisi April di harga Rp16 ribuan per kilogram," katanya.

Darma meyakini harga CPO akan terus merangkak naik disebabkan meningkatnya permintaan dan membaiknya perekonomian global.

Penurunan harga yang terjadi sebelumnya, lanjutnya, dikarenakan dampak melemahnya permintaan CPO, termasuk turunnya harga minyak mentah dan minyak nabati lainnya.

Harga CPO Sumut terus mengalami kenaikan dan berada di harga Rp 9.105 per kilogram setelah tertekan di harga terendah sejak Juni lalu
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News