Gelaran W20 Summit Diharapkan Dorong Peran Aktif Perempuan Kembangkan Pariwisata Sumut

Sabtu, 23 Juli 2022 – 13:43 WIB
Gelaran W20 Summit Diharapkan Dorong Peran Aktif Perempuan Kembangkan Pariwisata Sumut - JPNN.com Sumut
Produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal yang dipamerkan dalam pertemuan Woman 20 (W20) Summit di Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara. Foto: ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Disbudpar) Sumatera Utara berharap gelaran Women 20 (W20) Summit yang dilaksanakan di Danau Toba mampu mendorong peran aktif perempuan mengembangkan pariwisata Sumut.

Kadisbudpar Sumut Zumri Sulthony mengatakan peran perempuan di sektor pariwisata untuk meningkatkn perekonomian keluarga, sangat penting.

"Penguatan perempuan merupakan kunci utama untuk membangkitkan pariwisata dan perekonomian daerah," kata Zumri Sulthony di Medan, Jumat.

Zumri menjelaskan dampak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia lebih dari dua tahun menyebabkan perekonomian tak terkecuali industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Untuk itu, lanjutnya, kaum perempuan sebagai tulang punggung pariwisata dan ekraf diharapkan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi di daerah.

"Pemulihan ekonomi tentunya ini berpengaruh terhadap pendapatan daerah. Baik itu dari segi pengembangan UMKM dan lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pembukaan acara W20 Summit di Danau Toba, Sumut, Selasa (19/7) menyatakan perempuan menjadi tulang punggung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Perempuan itu jadi tulang punggung pariwisata dan ekonomi kreatif, pendukung kesejahteraan masyarakat sekaligus juga jadi penjaga warisan budaya," katanya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mendorong gelaran W20 mendorong perempuan menjadi penggerak pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News