Bobby Nasution Mau Buat Kolam Resapan Banjir, Targetnya Selesai Akhir 2023

Sabtu, 23 Juli 2022 – 09:20 WIB
Bobby Nasution Mau Buat Kolam Resapan Banjir, Targetnya Selesai Akhir 2023 - JPNN.com Sumut
Bobby Nasution saat meninjau Danau Mertubung di Jalan Tanggul Raya, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Jumat (22/7) petang. Foto: Dinas Kominfo Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali kota Medan Bobby Nasution menjadikan Danau Martubung sebagai kolam resapan untuk mengatasi banjir di Kota Medan.

Targetnya, proses pembangunan danau buatan yang memiliki luas 10 hektare ini akan selesai di akhir 2023.

Bobby Nasution menyebut pada tahap awal pembangunan, pihaknya akan memfungsikan Danau Martubung untuk penanggulangan banjir di kawasan tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi banjir yang kerap menggenangi rumah warga.

"Kami akan jadikan Danau Martubung menjadi kolam resapan. Fungsi utamanya untuk penanganan banjir. Ada sekitar satu hektare area kolam yang akan kami jadikan kolam penampungan dan airnya nanti kita kembalikan lagi ke Danau Martubung," ujarnya saat meninjau Danau Mertubung di Jalan Tanggul Raya, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Jumat (22/7) sore.

Menantu Presiden Joko Widodo itu mengatakan Pemko Medan akan meminta tambahan untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Dengan begitu, air yang masuk ke dalam Danau Martubung dapat benar-benar dapat dijadikan treatment untuk airnya.

Selain untuk penanganan banjir, Bobby Nasution, juga berencana akan menjadikan kolam penampungan itu menjadi wisata air. Hal ini dilakukan untuk menunjang ekonomi warga sekitar.

"Setelah kolam penampungan kami bangun dan buat bagus, serta fungsi utamanya sebagai penanganan banjir telah berfungsi, barulah fungsi berikutnya untuk penunjang ekonomi di sekitar kawasan tersebut. Itu nanti melalui pariwisatanya," sebut Bobby.

Wali kota Medan Bobby Nasution menjadikan Danau Martubung sebagai kolam resapan untuk mengatasi banjir di Kota Medan.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News