Edy Rahmayadi Gelontorkan Rp 114,8 Miliar Bangun Jalan dan Drainase di Karo

Jumat, 22 Juli 2022 – 10:49 WIB
Edy Rahmayadi Gelontorkan Rp 114,8 Miliar Bangun Jalan dan Drainase di Karo - JPNN.com Sumut
Edy Rahmayadi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, Kamis (21/7). Foto: Dinas Kominfo Sumut

sumut.jpnn.com, KARO - Sebanyak empat ruas jalan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) akan segera di perbaiki melalui skema multiyears. 

Keempat ruas jalan itu antara lain Simpang Tongkoh-Simpang Sinaman (5 Km), Jalur alternatif Medan-Berastagi (12,67 Km) dan Kuta Rakyat- Batas Kabupaten Langkat.

Selain itu, Pemprov Sumut akan membangun drainase sepanjang 4 Km di ruas jalan provinsi.

Tak tanggung-tanggung, anggaran yang dikucurkan untuk perbaikan jalan dan pembangunan drainase ini mencapai Rp 114,8 miliar.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebut perbaikan jalan ini dilakukan untuk memperlancar distribusi pertanian serta pariwisata di Sumut.

"Program utama di Kabupaten Karo yakni perbaikan jalan agar distribusi pertanian dari sini lancar dan memangkas ongkos produksi. Selain itu, juga akan menunjang sektor pariwisata. Target pengerjaan selesai 2023 dan sekarang mulai berjalan pengerjaannya," ujar Edy Rahmayadi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, Kamis (21/7).

Mantan Pangkostrad itu meminta agar OPD Pemkab Karo dan perangkat desa untuk mengelola anggaran dengan tepat termasuk implementasinya. Menurutnya, penyerapan APBD saat ini sangat dibutuhkan karena kondisi global yang sedang tidak stabil.

"Sekarang lagi sulit, APBD menjadi sumber utama perputaran uang di suatu daerah. Investor masih sedikit karena kondisi global, karena itu percepat serapan anggaran, tetapi sesuai dengan SOP. Untuk apa dibangun jalan kalau tata kelola kita belum maksimal, dampaknya juga tidak akan maksimal dan yang dirugikan rakyat," sebut Edy. 

Sementara, Bupati Karo Corry Srywati Sebayang meminta masyarakat mendukung pembangunan yang sedang berjalan. Dia berharap ke depannya ruas jalan provinsi di sekitaran Karo lebih baik lagi.

"Kami dukung pembangunan ini karena ini untuk kepentingan kita bersama. Mudah-mudahan ke depannya jalan provinsi di Kabupaten Karo semua bagus sehingga akses ke Karo semakin mudah dan semakin banyak. Ini akan berpengaruh besar untuk pembangunan daerah kita," kata Corry didampingi wakilnya Theopilus Ginting.(mcr22/jpnn)

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi akan merenovasi empat ruas jalan dan membangun drainase di Kabupaten Karo, Sumut, dengan anggaran Rp 114,8 Miliar

Redaktur : Muhlis
Reporter : Finta Rahyuni

Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News