Cegah Wabah PMK, Polresta Deli Serdang Dirikan Posko Pengawasan di Perbatasan

Selasa, 05 Juli 2022 – 13:55 WIB
Cegah Wabah PMK, Polresta Deli Serdang Dirikan Posko Pengawasan di Perbatasan - JPNN.com Sumut
Petugas saat melakukan pengecekan kesehatan sapi dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Foto: Dokumentasi Kementan

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Polresta Deli Serdang melakukan langkah-langkah guna mengantisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap ternak sapi menjelang Iduladha.

Kaolresta Deli Serdang Kombes Irsan Sinuhaji mengatakan salah satu langkah antisipasi yang dilakukan yakni dengan mendirikan posko pengawasan lalu lintas ternak di perbatasan.

"Langkah-langkah yang kami lakukan yaitu mendirikan pos di perbatasan Deliserdang dengan Medan dan Sergai. Hal itu dilakukan untuk mengawasi lalu lintas pengakutan hewan ternak yang masuk dan keluar," kata Kombes Irsan Sinuhaji seusai meninjau vaksinasi sapi di Desa Sugiarjo, Kecamatan Batangkuis, Senin.

Mantan Wakapolrestabes Medan itu menjelaskan posko pengawasan dan pemantauan tersebut akan menyiagakan personel TNI-Polri dan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang.

Kombes Irsan mengtakan setiap pengiriman hewan ternak dari dan masuk ke Deli Serdang harus dilengkapi dengan dokumen keterangan sehat.

"Surat itu harus dikeluarkan langsung dari petugas veteriner di masing-masing daerah," ungkapnya.

Perwira menengah polri itu mengimbau agar melakukan pencegahan dini dengan memisahkan ternak yang terjangkit PMK dengan yang masih sehat.

Upaya pencegahan PMK, lanjut Kombes Irsan, menindaklanjuti instruksi dari Presiden RI Joko Widodo dalam upaya memutus rantai penularan wabah dan percepatan penangana penyakit mulut dan kuku.

Polresta Deli Serdang menyiagakan pos pemantauan dan pengawasan peredaran ternak sapi yang masuk dan keluar dari Deli Serdang, guna mencegah penyebaran PMK
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News