Membangun Tembok Laut, Solusi Banjir Rob Ala Bobby Nasution di Medan Belawan

Kamis, 23 Juni 2022 – 12:00 WIB
Membangun Tembok Laut, Solusi Banjir Rob Ala Bobby Nasution di Medan Belawan - JPNN.com Sumut
Kondisi kehidupan warga di Medan Belawan di tengah Banjir rob yang merendam ratusan rumah di kawasan tersebut. Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution akan membangun tembok laut di kawasan Medan Belawan. Tanggul penghalang banjir rob ini akan mulai dikerjakan pada Juli 2022.

Bobby Nasution mengatakan pembangunan tembok laut itu akan dibagi menjadi tiga zoan yakni zona A, B, C dan zona E.

"Kita berharap dengan pembangunan tembok laut ini bisa mengatasi banjir rob, sehingga masyarakat tidak lagi capek dan kesal menghadapi banjir rob," kata Bobby di Medan, Rabu.

Menantu Presiden Joko Widodo ini menjelaskan bahwa untuk membangun tembok sepanjanng bibir sungai dan pantai, mencegah air laut masuk ke permukiman warga, membutuhkan biaya yang sangat besar.

Oleh sebab itu, biaya pembangunan tidak hanya bersumber dari APBD melainkan dari APBN melalui Kementerian PUPR.

"Pemko Medan akan membangun tembok di zona C sepanjang satu kilometer, dengan ketinggian sedada orang dewasa," kata Bobby.

Sedangkan empat zona lainnya, lanjut suami Kahiyang Ayu ini, akan dikerjakan oleh Kementerian PUPUR.

Kendati berbeda pengerjaannya, Bobby mengatakan tembok zona C yang akan dibangun Pemko Medan tetap mengikuti desain dari PUPR.

Wali Kota Bobby Nasution mengatakan akan segera membangun tembok penghalang banjir rob di kawasan Medan Belawan. Tembok tersebut diharapkan menjadi solusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News