3.777 Jemaah Asal Sumut Berangkat Haji Tahun Ini

Rabu, 11 Mei 2022 – 14:55 WIB
3.777 Jemaah Asal Sumut Berangkat Haji Tahun Ini - JPNN.com Sumut
Kementerian Agama merilis daftar nama calon jemaah haji reguler yang berhak berangkat pada 1443 H/2022 M. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Sebanyak 3.777 jemaah haji asal Sumatera Utara (Sumut) dijadwalkan akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah di tahun 2022 ini. 

"Untuk tahun ini Sumut kuotanya 3.777 jemaah," kata Koordinator Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Syahrial, Rabu (11/5). 

Dia menyebut para jemaah yang diberangkatkan diambil dengan kriteria tertentu.

Pertama, jemaah yang berangkat diambil dari dari daftar jemaah tahun 2020 yang gagal berangkat sejak Covid-19 melanda di Indonesia. 

"Jadi, berdasarkan peraturan yang dikeluarkan Menteri Agama, dia adalah jemaah haji yang sudah melunasi pada tahun 2020 yang lalu," ujarnya. 

Kedua, yakni jemaah yang berusia di bawah 65 tahun sebagaimana peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

Ketiga, lanjutnya,  jemaah yang belum pernah haji atau yang sudah pernah haji paling lama 10 tahun dari haji pertamanya. 

"Alhamdulillah, ini kan sebuah berita gembira bagi kita, walaupun dengan kuota yang terbatas, belum normal seperti tahun sebelumnya," jelasnya. 

Syahrial mengatakan pembatasan jemaah haji itu merupakan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Dia berharap tahun depan kondisi Covid-19 dapat membaik sehingga kuota jemaah yang berangkat bisa ditambah. 

Dia menyebut para jemaah yang diberangkatkan diambil dengan kriteria tertentu. Pertama, jemaah yang berangkat diambil dari dari daftar jemaah di tahun 2020 yang
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News