Menag Yaqut Cholil Optimistis Indonesia Prioritas dapat Tambahan Kuota Jemaah Haji

Senin, 13 Maret 2023 – 06:00 WIB
Menag Yaqut Cholil Optimistis Indonesia Prioritas dapat Tambahan Kuota Jemaah Haji - JPNN.com Sumut
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al Rabiah saat keduanya bertemu di Jeddah. Foto: Antara/HO-Kemenag

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut Pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Haji dan Umroh Tawfiq F Al Rabiah akan memprioritaskan Indonesia mendapat tambahan kuota jemaah calon haji.

"Alhamdulillah, kita mendapat kuota tambahan petugas. Indonesia juga menjadi prioritas dari Kerajaan Arab Saudi untuk mendapat tambahan kuota jemaah calon haji," kata Menteri Agama RI Yaqut Choli melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (12/3).

Hal itu disampaiakan Menag Yaqut seusai menggelar pertemuan untuk membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji, termasuk terkait tambahan kuota, di Jeddah.

"Di antara misi kunjungan saya ke Arab Saudi adalah mengecek langsung perkembangan persiapan layanan dan meminta tambahan kuota jamaah haji Indonesia dan petugas. Dua hal ini kita bahas bersama Menteri Tawfiq di Jeddah," ungkapnya.

Dia menjelaskan untuk tambahan kuota akan difokuskan dalam penguatan layanan jemaah lansia. Pasalnya, dari 203.320 kuota haji reguler, lebih dari 64 ribu calon haji masuk dalam kategori lansia.

Menurut dia, beragam persiapan layanan difokuskan dalam upaya memberikan yang terbaik untuk jemaah, termasuk mereka yang lansia.

"Akan ada rekrutmen khusus untuk pengisian tambahan kuota petugas, dan ini difokuskan pada penguatan layanan lansia," kata Yaqut Cholil.

Menag Yaqut mengatakan terkait penambahan kuota tersebut telah disampaikan dan berharap Menteri Tawfiq akan menyampaikannya lebih awal. Sebab, butuh waktu persiapan dalam proses pengisian kuota jemaah, mulai dari penyiapan dokumen, paspor, visa serta penyediaan layananan.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil mengatakan Arab Saudi akan memprioritaskan Indonesia untuk mendapat kuota jemaah calon haji tahun ini
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia