Pertarungan 7 Partai dalam Perebutan Kursi DPR RI di Dapil Sumut I, Golkar dan PDIP Sengit!

Jumat, 16 Februari 2024 – 18:29 WIB
Pertarungan 7 Partai dalam Perebutan Kursi DPR RI di Dapil Sumut I, Golkar dan PDIP Sengit! - JPNN.com Sumut
Tangkapan layar persentase perolehan suara sementara Pileg 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara I untuk DPR RI berdasarkan data KPU RI. Foto: Tangkapan layar hasil hitung sementara KPU RI

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pertarungan perebutan kursi DPR RI di Sumatera Utara (Sumut) di Daaerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara I masih berlangsung sengit. Dari gambaran perolehan suara sementara, tujuh partai politik (Parpol) terus bersaing ketat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Berdasarkan tabulasi KPU RI, Jumat (16/2) pada pukul 16.30 WIB, Partai Golkar masih mendominasi yang disusul PDI Perjuangan Gerindra dan PKS.

Dari progres data KPU RI yang masuk untuk DPR RI Dapil Sumut I mencapai 30,86 persen atau 4.855 tempat pemungutan suara (TPS) dari 15.731 TPS.

Partai Golkar memperoleh suara total 48.986 dengan dua calon legislatif teratas diraup oleh mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dengan perolehan sementara 21.911 suara. Posisi kedua perolehan suara terbanyak sementara Meutya Hafid dengan jumlah sementara 19.695 suara.

Posisi kedua ditempati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan total sementara 46.558 suara. Tiga calon legislatif dengan perolehan suara terbanyak ditempati oleh Dr Sofyan Tan dengan 25.861 suara, posisi kedua ditempati oleh Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna H Laoly 8.618 suara dan posisi ketiga ditempati Ketua TPN Ganjar-Mahfud Paul Baja Marudut Siahaan dengan perolehan sementara 7.554 suara.

Sementara Partai Gerindra, berdasarkan data KPU RI sementara memperoleh 33.373 suara. Tiga calon legislatif yang menjadi penyumbang suara tertinggi sementara, masing-masing Ade Jona Prasetyo dengan 11.872 suara, M Husni 8.464 suara dan Romo HR Muhammad Syafii 5.432 suara.

Sedangkan empat partai politik lainnya masih bersaing ketat, yakni Partai PKS, NasDem, PKB dan Demokrat.

Partai NasDem dari perolehan suara sementara di Dapil Sumut I memperoleh 22.563 suara. Tiga calon legislatif dengan perolehan suara tertinggi masing-masing Prananda Surya Paloh memperoleh 11.945 suara, Edwin Pamimpin Situmorang 6.900 suara dan mantan Wali Kota Medan Abdillah memperoleh 6.485 suara sementara.

Tujuh partai politik bersaing ketat memperebutkan kursi DPR RI dari Dapil Sumut I, Partai Golkar dan PDIP masih memimpin dari data KPU RI sementara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News