Anies Baswedan Sebut Indonesia Harus Punya Kewibawaan di Kancah Internasional

Rabu, 03 Januari 2024 – 19:00 WIB
Anies Baswedan Sebut Indonesia Harus Punya Kewibawaan di Kancah Internasional - JPNN.com Sumut
Calon Presiden bernomor urut 1 Anies Baswedan. Foto: Ryana Aryadita/JPNN

sumut.jpnn.com, TANAH DATAR - Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan mengatakan berkomitmen membawa Indonesia mendapat kewibawaan di tataran global melalui diplomasi aktif, sehigga disegani oleh negara-negara di dunia.

Hal itu disampaikan Anies saat melakukan kampanye di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (3/1).

“Kewibawaan Indonesia di tataran global akan diraih selain dari diplomasi yang aktif, juga harus ditopang dengan kekuatan ekonomi, budaya, sosial dan pertahanan,” kata Anies Baswedan.

Pernyataan tersebut disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta ini menanggapi tema debat ketiga calon presiden tentang “Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik” pada Minggu (7/1).

Anies juga ditanya terkait strategi penyelesaian konflik di Tanah Papua apabila terpilih menjadi presiden. Dia mengatakan saat ini Timnas AMIN masih berdiskusi serta mendalami materi debat ketiga.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ke-27 tersebut menegaskan akan menjawab semua isu-isu atau materi tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik saat debat berlangsung.

"Kami sedang menyiapkan untuk debat ketiga besok. Insyallah kita bahas sama-sama," ujarnya.

Dalam agenda kampanyenya, Anies menjanjikan sejumlah hal kepada masyarakat di Ranah Minang diantaranya revitalisasi pasar serikat Batusangkar dan pembangunan stadion berstandar FIFA seperti Jakarta International Stadium.

Capres Anies Baswedan menyebut Indonesia harus punya kewibawaan di tataran global yang akan dilakukan melalui diplomasi aktif
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia