Qatar Desak Dilakukan Penyelidikan Kejahatan Kemanusiaan Israel di Palestina

Rabu, 22 November 2023 – 06:00 WIB
Qatar Desak Dilakukan Penyelidikan Kejahatan Kemanusiaan Israel di Palestina - JPNN.com Sumut
Asap mengepul setelah serangan udara Israel terjadi di Kota Rafah di Jalur Gaza selatan, Kamis (26/10/2023). Foto: Antara/Xinhua

sumut.jpnn.com, DOHA - Qatar menjadi salah satu negara yang terus mendesak Israel agar diseret ke pengadilan internasional untuk mempertanggungjawabkan kejahatan kemanuasiaan yang dilakukan terhadap belasan ribu warga sipil di Gaza, Palestina.

Kementerian Luar Negeri Qatar pada Senin (20/11) mendesak dibentuknya komite internasional untuk menyelidiki “kejahatan yang dilakukan pendudukan Israel terhadap warga sipil di Jalur Gaza”.

Pernyataan Qatar ini disampaikan saat mengutuk serangan tentara zionis Israel di Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara yang menyebabkan sejumlah warga Palestina tewas dan terluka.

Kemlu menganggap pemboman di Rumah Sakit Indonesia sebagai "lanjutan dari pendekatan pendudukan (Israel) yang menargetkan rumah sakit, sekolah dan pusat populasi” di Gaza yang menjadi "pelanggaran terang-terangan" terhadap hukum internasional dan Konvensi Jenewa.

Pihaknya juga mendesak "komunitas internasional untuk segera bertindak mencegah Israel melakukan pembantaian lebih lanjut dan memberikan perlindungan bagi lebih dari dua ribu pengungsi yang mencari perlindungan di rumah sakit (Indonesia)."

Sebelumnya pada Senin, Kementerian Kesehatan yang berbasis di Gaza mengatakan 12 warga Palestina tewas dan puluhan lainnya terluka akibat gempuran Israel terhadap Rumah Sakit Indonesia.

Kemlu menuding militer Israel berusaha menjadikan rumah sakit tersebut sebagai "kuburan massal”.

Disebutkan bahwa Rumah Sakit Indonesia merupakan satu-satunya rumah sakit yang berfungsi sebagian di Kota Gaza dan Gaza utara lantaran semua rumah sakit lainnya di kota itu, termasuk Rumah Sakit Al-Shifa yang saat ini dikendalikan militer Israel, tak lagi beroperasi.

Qatar mendesak pembentukan komite internasional untuk mengusut kejahatan kemanusiaan Israel terhadap warga sipil di Gaza, Palestina
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News