Hasil Survei Indometer: NasDem, PPP dan PAN Terancam Gagal ke Senayan

Senin, 06 Februari 2023 – 07:30 WIB
Hasil Survei Indometer: NasDem, PPP dan PAN Terancam Gagal ke Senayan - JPNN.com Sumut
Hasil survei yang dilakukan Indometer pada 21-27 Januari 2023 terkait elektabilitas partai politik di Jakarta, Minggu, (5/2/2023). Foto: ANTARA/HO-Humas Indometer.

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Indometer menyebut dari hasil survei yang dilakukan pada 21-27 Januari 2023 terdapat tiga partai politik yang terancam gagal ke Senayan. Ketiga partai itu, yakni NasDem, PPP dan PAN.

Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Leonard SB dalam keterangan tertulis di Jakarta mengatakan salah satu penyebab ketiga partai itu terancam gagal karena elektabilitas parliamentary threshold masih di bawah empat persen.

"Nasdem, PPP, dan PAN terancam gagal melenggang ke Senayan, sedangkan PSI terus mengalami kenaikan elektabilitas," kata Leonard SB melalui keterangan tertulis, Minggu (5/2).

Dia menjelaskan elektabilitas NasDem sedikit mengalami kenaikan setelah sempat menurun usai mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Temuan Indometer saat ini partai besutan Surya Paloh tersebut memiliki elektabilitas sebesar 3,0 persen atau masih di bawah batas aman parliamentary threshold sebesar empat persen.

Artinya, dengan elektabilitas tersebut NasDem masih terancam tidak bisa kembali ke Senayan. Kemudian PPP dan PAN hingga hasil survei itu dipaparkan ke publik juga belum beranjak dan masih di bawah empat persen. Keduanya masing-masing memperoleh elektabilitas 2,2 persen dan 2,0 persen.

Berbeda halnya dengan tiga partai tersebut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terus mengalami kenaikan elektabilitas dan kini mencapai 5,7 persen.

"PSI diprediksi berhasil mengirim wakil ke DPR pada Pemilu mendatang," ujar dia.

Indometer menyebut dari hasil survei yang dilakukan tiga partai, yakni, NasDem, PPP dan PAN, terancam gagal ke Senayan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia