Erick Thohir Terima Lima Nilai Dasar Hasil Simposium Suporter Nasional, Begini Isinya!

Senin, 02 Oktober 2023 – 07:00 WIB
Erick Thohir Terima Lima Nilai Dasar Hasil Simposium Suporter Nasional, Begini Isinya! - JPNN.com Sumut
Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir menerima rekomendasi hasil simposium suporter seluruh Indonesia dalam upaya transformasi suporter sepak bola Tanah Air. Foto: dok BUMN

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menerima rekomendasi lima nilai dasar hasil simposium suporter sepak bola nasional. Dia mengatakan kelima nilai dasar tersebut akan dibawa dalam rapat bersama Exco PSSI.

Erick Thohir mengatakan akan mendorong transformasi suporter sepak bola Indonesia berjalan lebih cepat dari rekomendasi FIFA yang mewajibkan selesai dalam dua tahun.

Diketahui, FIFA mengeluarkan rekomendasi agar melakukan transformasi suporter sepak bola Indonesia pasca-tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan yang merenggut ratusan nyawa pada 1 Oktober 2022 lalu.

Akibat tragedi tersebut PSSI menerapkan kebijakan pada kompetisi sepak bola di Tanah Air musim ini, Liga 1 dan Liga 2, tanpa kehadiran suporter tim tamu. Kebijakan ini diharapkan akan membuat suporter Indonesia jauh lebih dewasa, matang, dan tidak terjadi kerusuhan antar suporter seperti sebelum-sebelumnya.

"Kalau ini benar kita tertib dengan kesepakatan ini, saya akan mendorong FIFA untuk transformasi suporternya tidak dua tahun, tetapi menjadi setahun,” kata Erick seraya menerima rekomendasi lima nilai dasar hasil simposium suporter sepak bola nasional dari Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI), di Jakarta, Minggu (1/10).

Lima dasar nilai yang menjadi rekomendasi PN-SSI yang beranggotakan seluruh suporter klub-klub di Liga 1 dan Liga 2 itu adalah unity (kebersamaan), identity (identitas), humanity (rasa kemanusiaan), respect (saling menghormati), dan creativity (kreativitas).

"Hasil (rekomendasi dari PN-SSI) ini akan saya rapatkan dengan Exco PSSI dan dalam waktu dua minggu kita akan adakan pertemuan antara suporter dan pemilik klub, PSSI yang memfasilitasi," kata Erick.

Menteri BUMN ini mengatakan jika semua pihak dapat memanfaatkan momentum yang ada, dia percaya sepak bola di Indonesia dari segala lini akan berjalan lebih baik.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menerima rekomendasi lima nilai dasar hasil simposium suporter seluruh Indonesia, berikut isinya..
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News