Pendaftaran CASN Segera Dimulai, Menteri Anas Minta Instansi dan Pemda Percepat Rincian Formasi

Selasa, 30 April 2024 – 17:27 WIB
Pendaftaran CASN Segera Dimulai, Menteri Anas Minta Instansi dan Pemda Percepat Rincian Formasi - JPNN.com Sumut
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Foto: Humas KemenPAN-RB

sumut.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyebut pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) 2024 bisa segera dimulai. Dia meminta instansi dan pemda yang belum merampungkan pengisian/input rincian formasi di sistem BKN, segera menyelesaikan agar pendaftaran segera dibuka.

Menteri Anas mengatakan pihaknya telah menyelesaikan validasi berdasarkan hasil pengisian/input rincian formasi dari masing-masing kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (Pemda).

"Kementerian PANRB dan BKN sudah lakukan percepatan pada proses verifikasi dan validasi formasi ASN dari input yang dilakukan K/L dan pemda. Kami harap K/L dan pemda yang belum merampungkan input di sistem BKN untuk segera menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (30/4).

Anas mengatakan sejumlah kementerian/lembaga dan pemda belum menyelesaikan pengisian detail dari formasi yang telah ditetapkan Kementerian PAN-RB.

"BKN sudah berkoordinasi. Kami yakin bisa rampung dalam waktu dekat, dan pendaftaran CASN dapat segera dimulai," ujar Menteri Anas.

Kementerian PANRB telah menetapkan formasi untuk rekrutmen calon ASN 2024 sebesar 1,28 juta formasi, terdiri atas 75 kementerian dan lembaga dengan jumlah 427.850, serta 524 pemerintah daerah dengan kuota 862.174 orang.

Perekrutan 1,28 juta ASN itu untuk memenuhi kebutuhan secara nasional sebesar 2,3 juta yang akan dilaksanakan secara bertahap.

ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate (lulusan baru perguruan tinggi) serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah masuk basis data (database) BKN.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menyebut akan segera membuka pendaftaran CASN dan meminta kepada instansi dan pemda segera rampungkan pengisian formasi
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia