Kanwil Kemenag Sumut: Kuota Haji di Sumut 8,3 Ribu, Daftar Tunggu Menjadi 20 Tahun

Sabtu, 17 Februari 2024 – 19:02 WIB
Kanwil Kemenag Sumut: Kuota Haji di Sumut 8,3 Ribu, Daftar Tunggu Menjadi 20 Tahun - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Kanwil Kemeng Sumut menyebut daftar tunggu jemaah calon haji mencapai 20 tahun karena kuota haji untuk Sumut hanya 8,3 ribu per tahun. ilustrasi: ANTARA FOTO/Saudi Press Agency

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Utara Zulfan Efendi mengatakan kuota haji untuk Sumatera Utara tahun ini adalah 8.328 orang. Dia menyebut dengan demikian daftar tunggu haji semakin lama, mencapai 20 tahun.

“Daftar tunggu untuk jemaah haji di Sumatera Utara itu mencapai 20 tahun,” kata Zulfan Efendi, Jumat (16/2).

Zulfan menjelaskan jumlah jemaah haji dari 33 kabupaten/kota di Sumaatera Utara berjumlah 160 ribu. Seluruh jemaah haji tersebut telah diatur dalam sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI.

Dia menyebut untuk jemaah haji yang hendak mendaftar sudah bisa secara daring melalui aplikasi Pusaka Super Apps milik Kemenag RI.

Data Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara menyebut dari kuota haji reguler Sumut pada 2024 sebanyak 8.328 orang, terdiri atas jemaah 7.815 orang, lanjut usia 416 orang, petugas haji daerah 66 orang, dan pembimbing kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah 31 orang.

"Jadi, sekitar 20 tahun untuk Sumatera Utara kurang lebih masa tunggu, karena kuota yang kita dapat 8.328 orang,” ujar Zulfan.

Pihaknya mengakui bahwa jemaah calon haji Sumatera Utara yang berangkat menunaikan rukun Islam terakhir tersebut sudah ditentukan lewati sistem.

Kanwil Kemenag Sumut mengimbau seluruh jemaah calon haji agar bersabar menunggu giliran ke tanah suci setiap tahun, dan tidak berkecil hati dengan kebijakan pemerintah.

Kanwil Kementerian Agama Sumut menyebut kuota haji di Sumut tahun ini sebanyak 8.328 orang, waktu tunggu haji akan mencapai 20 tahun
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia