Harimau Sumatra di Medan Zoo Dilaporkan Mati, BKSDA Sumut Ungkap Penyebabnya

Minggu, 07 Januari 2024 – 11:03 WIB
Harimau Sumatra di Medan Zoo Dilaporkan Mati, BKSDA Sumut Ungkap Penyebabnya - JPNN.com Sumut
Harimau Sumatra. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Seekor Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) yang diberi nama Nurhaliza alias Putri, koleksi Taman Satwa Medan Zoo Kota Medan, ditemukan mati. Kematian satwa dilindungi ini tak terlepas dari kondisi pengelolaan dan fasilitas taman satwa yang sangat memprihatinkan.

Kepala Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu membenarkan informasi terkait kematian satu satwa koleksi di Medan Zoo tersebut.

"Kematian satu ekor Harimau Sumatra bernama 'Nurhaliza alias Putri' ini terjadi di hari terakhir 2023 tepatnya pada 31 Desember," kata Rudianto dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (6/1).

Dia menjelaskan pihaknya telah menurunkan tim medis untuk melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap harimau yang mati tersebut.

Rudianto menyebut tim yang dipimpin Kepala Bidang Teknis juga melakukan nekropsi atau bedah bangkai terhadap harimau betina berumur 9 tahun dengan bobot diperkirakan 50 kilogram ini.

"Nurhaliza terkahir dilakukan medical check up pada 14 November 2023 dengan hasil pemeriksaan saat itu bahwa mengalami pneumonia dan renal disease," ungkap Rudianto.

Dia mengatakan hasil pemeriksaan ditemukan adanya gangguan paru, nafas tersengal-sengal dan bersuara.

Selanjutnya, kata Rudianto, tim medis menemukan adanya keradangan dalam gambaran darah dan peningkatan BUN yang terkorelasi dengan hasil USG (penebalan dinding pelvis renalis dan dinding vesika urinaria).

Harimau Sumatra salah satu koleksi di Taman Satwa Medan Zoo ditemukan mati, BBKSDA Sumut sebut kondisi pengelolaan taman satwa memprihatinkan
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia