Presiden Jokowi akan Mendorong Gencatan Senjata di Gaza dalam KTT Luar Biasa OKI

Sabtu, 11 November 2023 – 12:00 WIB
Presiden Jokowi akan Mendorong Gencatan Senjata di Gaza dalam KTT Luar Biasa OKI - JPNN.com Sumut
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo (tengah) ketika mengumumkan rencana kunjungannya ke Arab Saudi dan Amerika Serikat, sesaat sebelum bertolak dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat malam (10/11/2023). Foto: Antara/Yashinta Difa

sumut.jpnn.com, SIDOARJO - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menyebut akan mendorong negara-negara Islam agar mendukung gencatan senjata antara Israel dan Palestina segera dilakukan saat Konferensi Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) yang akan digelar di Riyad, Arab Saudi.

Jokowi mengatakan gencatan senjata menjadi hal yang sangat penting agar serangan Israel terhadap bangsa Palestina segera dihentikan.

Dalam KTT tersebut, para pemimpin negara-negara OKI akan membahas situasi terkini di Gaza, yang menjadi pusat konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina, sejak 7 Oktober 2023.

"Saya akan pertegas ruang agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," kata Presiden Jokowi sesaat sebelum bertolak menuju Riyadh dari Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (10/11) malam.

Setelah mengikuti KTT OKI di Arab Saudi, Presiden Jokowi dijadwalkan akan terbang ke Washington DC, Amerika Serikat, pada Minggu (12/11) dan akan bertemu Presiden AS Joe Biden keesokan harinya.

Menurut Jokowi, pertemuan bilateral dengan Joe Biden merupakan kesempatan yang baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza.

"Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan langsung hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan," tutur Presiden.

Dari Washington DC, Presiden Jokowi yang didampingi delegasi terbatas akan menuju ke San Francisco untuk menghadiri KTT APEC.

Presiden RI Joko Widodo akan mendorong seluruh negara-negara OKI untuk mendesak dilakukan gencatan senjata dalam konflik Israel-Palestina saat KTT OKI di Riyad
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News