Ulos Sepanjang 1.000 Meter akan Dibentangkan di Monas, Pj Gubsu Hassanudin: Biar Masyarakat Luas Tahu!

Rabu, 25 Oktober 2023 – 21:01 WIB
Ulos Sepanjang 1.000 Meter akan Dibentangkan di Monas, Pj Gubsu Hassanudin: Biar Masyarakat Luas Tahu! - JPNN.com Sumut
Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin melepas pemberangkatan Ulos sepanjang 1.000 meter di Pelataran Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (25/10/2023). Foto: Antara/HO-Humas Pemprov Sumut

sumut.jpnn.com, MEDAN - Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melepas keberangkatan tim pembawa Ulos dengan panjang 1.000 meter yang akan dibentangkan di tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Hassanudin berharap dengan kegiatan pembentangan kain Ulos di Monas sebagai dorongan bagi Pemerintah Pusat untuk menetapkan Hari Ulos Nasional dan menjadi warisan budaya nasional bahkan milik dunia.

“Dengan membentangkan Ulos sepanjang 1.000 meter ini untuk memperkenalkan kain khas Batak termasuk Danau Toba, biar masyarakat luas tahu,” kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Rabu (25/10).

Tim pembawa kain Ulos dilepas Hassanudin menuju Jakarta dari pelataran Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini menyebut Pemerintah Provinsi Sumut terus berupaya mengangkat seni dan budaya Sumatera Utara dengan program pelestarian budaya.

“Kami akan terus berupaya melestarikan budaya Sumatera Utara. Pelestarian budaya adalah tugas kita semua demi masa depan generasi yang akan datang,” ucap Hassanudin.

Ketua Panitia Hari Ulos Nasional Mikhael Siregar mengatakan kain Ulos sepanjang 1.000 meter tersebut mewakili lima puak, yang ada di kawasan Danau Toba.

Ulos raksasa yang akan dibawa ke Jakarta tersebut adalah karya masyarakat lokal dan ditenun oleh 15 orang.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin melepas tim pembawa kain Ulos sepanjang 1.000 meter yang akan dibentangkan di tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia