Jenderal TNI Dudung Pimpin Normalisasi Sungai di Medan: Dari Sungai Deli Menuju Seluruh Sungai Penjuru Negeri

Kamis, 28 September 2023 – 16:54 WIB
Jenderal TNI Dudung Pimpin Normalisasi Sungai di Medan: Dari Sungai Deli Menuju Seluruh Sungai Penjuru Negeri - JPNN.com Sumut
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat menyampaikan keterangan terkait kegiatan normalisasi Sungai Deli di Kota Medan, Rabu (27/9). Foto: Diskominfo Kota Medan.

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution memimpin proses normalisasi Sungai Deli dalam upaya mencegah banjir di Kota Medan.

Dalam kegiatan tersebut sedikitnya mengerahkan 1.000 prajurit TNI AD Kodam I Bukit Barisan dan unsur Pemkot Medan.

“Latar belakang dilakukannya normalisasi ini karena terjadinya pendangkalan Sungai Deli,” kata Jenderal TNI Dudung, Rabu (27/9).

Jenderal Dudung menyebut pendangkalan pada sungai bisa terjadi di antaranya karena faktor cuaca, adanya puing bangunan yang bertumpuk dan disebabkan karena kebiasaan warga membuang sampah ke sungai.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan dengan menyusuri aliran Sungai Deli, Dudung mengatakan di beberapa kecamatan yang dilintasi aliran sungai, kondisinya sangat memprihatinkan.

"Pertama terdapat sejumlah penyempitan dan pendangkalan karena timbunan sampah, baru endapan atau sedimen pasir serta sisa - sisa bangunan yang runtuh terbawa banjir," kata Dudung.

Kemudian terjadi abrasi dan tersumbat aliran air karena tumpukan sampah, penyempitan sungai, longsor dan pembangunan permukiman warga di kawasan bantaran Sungai Deli.

Jenderal Dudung menegaskan lewat apel pembukaan Gotong Royong Bersih Sungai Deli kolaborasi Pemkot Medan bersama TNI AD di Lapangan Benteng Medan, akan memulai normalisasi Sungai Deli dengan panjang 34,5 kilometer selama 64 hari.

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Wali Kota Medan Bobby Nasution pimpin normalisasi Sungai Deli sepanjang 34,5 kilometer untuk mencegah banjir
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News