1.000 Prajurit TNI AD Dikerahkan Tangani Sungai Deli Medan

Rabu, 27 September 2023 – 15:23 WIB
1.000 Prajurit TNI AD Dikerahkan Tangani Sungai Deli Medan - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution melakukan aksi susur Sungai Deli di Medan, Sumut, (26/9/2023). Foto: Diskominfo Kota Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Sebanyak seribu prajurit TNI Angkatan Darat (AD) dikerahkan untuk melakukan normalisasi Sungai Deli di Kota Medan. Pembersihan sungai dalam upaya mencegah banjir itu dilakukan sepanjang 34,5 kilometer.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan kolaborasi pembersihan Sungai Deli ini merupakan tindak lanjut dari kunjungannya ke Mabes AD lalu.

“Hampir 1.000 personel TNI AD berkolaborasi dengan unsur kewilayahan yang terlibat untuk normalisasi Sungai Deli,” kata Bobby Nasution seusai susur sungai di Jalan KL Yos Sudarso, Selasa (26/9).

Dia mengatakan susur sungai ini dilakukan untuk melihat langsung titik atau lokasi yang menjadi fokus pembersihan sungai yang melintasi Kota Medan tersebut.

Normalisasi Sungai Deli ini dihadiri langsung Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai bentuk dukungan TNI AD terhadap Gotong Rorong Bersih Sungai Deli.


Gotong royong itu dilakukan sebagai upaya mengatasi persoalan banjir yang selama ini melanda wilayah Ibukota Provinsi Sumatera Utara ketika hujan turun dalam waktu lama.

Direncanakan sepanjang 34,5 kilometer aliran Sungai Deli akan dibersihkan dengan dukungan alat berat Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Kota Medan, Kodam I/BB dan Balai Wilayah Sungai II Sumatera selama 64 hari ke depan.

"Melalui gotong royong ini kita harapkan dapat mengedukasi sekaligus menggugah kesadaran masyarakat agar menjaga kebersihan, sehingga tidak membuang sampah ke sungai," kata Bobby.

Sebanyak 1.000 prajurit TNI AD dikerahkan dalam gotong royong normalisasi Sungai Deli Medan sepanjang 34,5 kilometer
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News