Peran Polisi Pariwisata di Kawasan Danau Toba, Rangkul Warga dan Kerahkan Alat Canggih

Rabu, 30 Agustus 2023 – 22:26 WIB
Peran Polisi Pariwisata di Kawasan Danau Toba, Rangkul Warga dan Kerahkan Alat Canggih - JPNN.com Sumut
Petugas Polisi Pariwisata sedang berinteraksi dengan seorang wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung di Danau Toba. Foto: Dokumentasi polisi pariwisata

sumut.jpnn.com, SIMALUNGUN - Polisi pariwisata Polda Sumut terus melakukan berbagai persipan sebagai salah satu komitmen mendukung program pemerintah menjadikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas.

Kasubdit Wisata Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sumut Kompol Oloan Siahaan mengatakan komitmen tersebut akan diwujudkan melalui peran aktif polisi pariwisata dalam menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan Danau Toba.

“Melalui pergelaran perlengkapan, penyiapan administrasi, serta sarana dan prasarana, untuk memastikan kelancaran tugas,” kata Kompol Oloan d Parapat, Kabupaten Simalungun, Rabu (30/8).

Dia menjelaskan dalam menunjang pelaksanaan tugas di kawasan Danau Toba, Polisi Pariwisata juga didukung dengan Bus Command dan Monitoring Pam Wisata.

Peran Polisi Pariwisata di Kawasan Danau Toba, Rangkul Warga dan Kerahkan Alat Canggih

Seorang petugas Polisi Pariwisata sedang memantau situasi di kawasan wisata Danau Toba dari layar monitor Bus Command dan Monitoring di objek wisata Parapat, Kabupaten Simalungun. Foto: Dokumentasi polisi pariwisata 

Kompol Oloan mengatakan dengan dukungan bus pemantau tersebut memudahkan pihaknya dalam memastikan keamanan dan ketertiban di Danau Toba. Bus yang dilengkapi dua CCTV dan tujuh kamera portabel ini mampu memamntau wilayah dengan radius 3 kilometer.

"Dari dalam bus operator dapat memantau situasi disekitar objek wisata sekaligus berkoordinasi dengan personel yang melaksanakan patroli jika terjadi hal-hal yang mencurigakan,” ungkap Oloan Siahaan.

Polisi Pariwisata Polda Sumut yang dilengkapi dukungan peralatan canggih siap mendukung program pemerintah di Kawasan Danau Toba
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News