Ma'ruf Amin Tak Bisa Jawab Pertanyaan Jokowi 'Jauh di Mata Dekat di Hati'

Sabtu, 19 Agustus 2023 – 14:40 WIB
Ma'ruf Amin Tak Bisa Jawab Pertanyaan Jokowi 'Jauh di Mata Dekat di Hati' - JPNN.com Sumut
Presiden Jokowi memberikan tebak-tebakan kepada pelajar peserta Muktamar XXIII di GOR Pancing, Sumatera Utara (Sumut). Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

sumut.jpnn.com, DELI SERDANG - Presiden RI Joko Widodo membuka Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang dilaksanakan di GOR Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (19/8).

Kedatangan Presiden disambut gemuruh ribuan pelajar anggota IPM yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia.

Saat menyampaikan sambutan, Jokowi yang melihat antusias peserta yang hadir seketika melemparkan pertanyaan kepada para pelajar. Dia mengatakan bagi pelajar yang bisa menjawab akan diberikan hadiah sepeda.

"Saya beri pertanyaan, yang bisa jawab dengan benar akan ada hadiah, sepeda. Pertanyaannya 'Jauh di mata dekat di hati' coba sebutkan apa maknanya," ucap Presiden Jokowi dari atas podium.

Sontak puluhan pelajar berlomba menunjuk ke atas berharap dipanggil Presiden untuk memberikan jawaban. Beberapa orang yang dipilih dipersilakan naik ke atas dan menyampaikan jawaban.

"Kalau yang jauh di mata dekat di hati, itu adalah Allah SWT, orangtua dan IPM, pak," ujar seorang pelajar.

Presiden hanya tersenyum saat mendengar jawaban dari para pelajar anggota IPM. Kendati belum bisa menjawab dengan tepat, Jokowi tetap mengapresiasi keberanian anggota Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang mau tampil.

"Iya, memang itu betul ada Allah, orangtua dan IPM, tetapi ini jawabannya bukan yang serius," tutur Jokowi.

Presiden Jokowi beri tebak-tebakan kepada anggota IPM berhadiah sepeda saat buka Muktamar XXIII IPM di Sumatera Utara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia