Puluhan Pesepeda Lansia Jelajahi Indonesia dari Titik Nol Sabang, Taklukkan Jarak 2.560 KM

Senin, 22 Mei 2023 – 10:30 WIB
Puluhan Pesepeda Lansia Jelajahi Indonesia dari Titik Nol Sabang, Taklukkan Jarak 2.560 KM - JPNN.com Sumut
Puluhan pesepeda peserta Jelajah Satu Nusantara GO5000 akan melanjutkan perjalanan dari Banda Aceh-Lamno setelah memulai lintasan pertama di KM 0 Sabang, Minggu (21/5/2023). Foto: ANTARA/HO

sumut.jpnn.com, ACEH - Puluhan pesepeda yang mayoritas sudah lanjut usia (lansia) akan menjelajahi Pulau Sumatra dalam kegiatan ekspedisi atau jelajah Satu Nusantara GO5000, yang dimulai dari titik nol kilometer Indonesia di Sabang.

Para peserta jelajah Satu Nusantara ini didominasi pesepeda dengan usia di atas 60 tahun. Total jarak yang akan ditempuh menjelajahi Pulau Sumatra sekitar 2.560,1 km.

"Ada sebanyak 30 rombongan pesepeda yang mengikuti jelajah Satu Nusantara ini, dengan usia kebanyakan di atas 60 tahun, dan ada juga yang masih berusia sekitar 30 tahun sebanyak 6 orang. Bahkan ada yang berusia 83 tahun," kata Direktur Program Jelajah Satu Nusantara Gustav Husein, di Banda Aceh, Minggu (21/5).

Husein mengatakan kegiatan bersepeda dari titik nol Indonesia itu sudah dimulai sejak tanggal 20 Mei 2023, mulai dari 0 KM menuju Pelabuhan Balohan dengan jarak tempuh 23 kilometer. Diselenggarakan juga kegiatan long march bersama dari titik nol menuju Pantai Pasir Putih, Pulau Weh, sejauh 21 KM.

Dia mengatakan kegiatan tersebut sengaja dimulai dari tanggal 20 Mei menyambut hari Kebangkitan Nasional dan akan selesai saat memperingati hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus mendatang.

Menurutnya, bangsa Indonesia berhasil mencapai Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 setelah perjuangan yang penuh pengorbanan dan dalam waktu yang sangat panjang.

Perjuangan panjang itu, lanjutnya, ditandai dengan diperingatinya hari kebangkitan nasional yang merujuk kepada lahirnya perhimpunan Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

"Acara bersepeda ini ingin menyegarkan ingatan kita kembali pada masa perjuangan yang panjang tersebut," ujarnya.

Puluhan pesepeda yang sudah lansia akan menjajal Pulau Sumatra yang dimulai dari titik nol Indonesia di Sabang, dalam kegiatan jelajah satu nusantara
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia