Organda Medan Persiapkan 1.025 Unit Pengangkutan untuk Melayani Mudik Lebaran 2023

Rabu, 05 April 2023 – 21:00 WIB
Organda Medan Persiapkan 1.025 Unit Pengangkutan untuk Melayani Mudik Lebaran 2023 - JPNN.com Sumut
Sekretaris Organda Medan, Jaya Sinaga. Foto: Antara/M Sahbainy Nasution

sumut.jpnn.com, MEDAN - Organiasi Angkutan Darat (Organda) Kota Medan memprediksi jumah pemudik pada Lebaran tahun ini akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, pihaknya telah mempersiapkan diri dengan menyediakan 1.025 armada pengangkutan dari 25 perusahaan.

Sekretaris Organda Medan Jaya Sinaga mengatakan pihaknya memprediksi jumlah pemudik yang akan keluar dari Kota Medan sekitar 500.000 orang. Hal tersebut berkaca pada mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang jumlahnya mencapai 200.000 orang.

"Kami sangat yakin pemudik tahun ini (jumlahnya) sangat tinggi. Mengingat pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM," kata Jaya, Rabu (5/4).

Jaya mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan jumah pemudik tersebut pihaknya menyiapka setidaknya 1.025 armada yang akan melayani semua rute dari Kota Medan ke kabupaten dan kota lain di Sumut.

"Armada itu melayani 18 kota tujuan yang ada di Provinsi Sumatera Utara (Sumut)," ungkapnya.

Menurutnya, tujuan keberangkatan masih didominasi ke arah pantai Timur, seperti ke Rantauprapat, Labuhanbatu, Batu Bara, dan lainnya.

Sedangkan sebagian lainnya ke arah ke lintas Barat misalnya ke wilayah Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padanglawas, serta sebagian lainnya ke arah Kabupaten Langkat dan Karo.

Jaya Sinaga memastikan bahwa pihaknya akan mengikuti aturan dan ketentuan pemerintah saat melayani pemudik seperti ramcek.

Organda Medan menyiapkan 1.025 armada untuk melayani mudik Lebaran 2023
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News