Tingkat Pengangguran di Kota Medan Turun Menjadi 8,89 Persen

Sabtu, 26 November 2022 – 13:30 WIB
Tingkat Pengangguran di Kota Medan Turun Menjadi 8,89 Persen - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Pekerja melinting rokok sigaret kretek di salah satu industri rokok di Tulungagung, Jawa Timur. Foto: Dok ANTARA

sumut.jpnn.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mencatat angka pengangguran di kota tersebut dalam setahun turun signifikan dari Agustus 2021 lalu yang jumlahnya 10,81 persen.

Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Sumatera Utara, menyebut tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada Agustus 2022 turun menjadi 8,89 persen.

"Ini data yang dirilis oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Sumatera Utara," ucap Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Ilyan Chandra Simbolon di Medan, Jumat (25/11).

Tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan mengalami penurunan sekitar 1,92 persen poin.

Persentase penurunan tingkat pengangguran terbuka pada Agustus 2022 lebih besar dibanding Sumatera Utara yang turun 0,17 persen poin menjadi sebesar 6,16 persen.

Data BPS Sumatera Utara menyebut tiga lapangan pekerjaan meningkat penyerapan tenaga kerja di Agustus 2022, yakni administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial sebesar 0,73 persen, konstruksi 0,50 persen, dan industri pengolahan 0,31 persen.

"Penurunan TPT (tingkat pengangguran terbuka) di Medan ini dipengaruhi pemulihan ekonomi semakin membaik, kebijakan pemerintah, dan pandemi Covid-19 yang melandai," kata dia.

Selain itu, penurunan TPT ini akibat tumbuhnya iklim investasi yang menyerap tenaga kerja dan kehadiran wirausaha melalui program pengembangan UMKM di Kota Medan.

Tingkat pengangguran di Kot Mean menurun signifikan dibandingkan Agustus 2021 lalu
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia