Covid-19 Varian XBB Teridentifikasi, Dinkes Sumut Perketat Pintu Masuk Internasional

Rabu, 26 Oktober 2022 – 09:00 WIB
Covid-19 Varian XBB Teridentifikasi, Dinkes Sumut Perketat Pintu Masuk Internasional - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut memperketat pintu masuk dan pengawasan pelaku perjalanan guna mencegah Covid-19 varian baru Omicron XBB. Foto: ANTARA/Andi Firdaus

sumut.jpnn.com, MEDAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memperketat pengawasan di pintu masuk Internasional seiring temuan kasus Covid-19 varian baru di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis mengatakan pihaknya bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan memperketat pemeriksaan dan pengawasan kedatangan di pintu masuk jalur darat, laut dan udara.

"Kami meningkatkan pengawasan kedatangan WNI dan WNA di pintu-pintu masuk," katanya, Selasa (25/10).

Ismail mengatakan telah mengimbau seluruh dinas kesehatan kabupaten/kota yang ada untuk melakukan monitoring terhadap pelaku perjalanan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dia juga meminta dinas terkait untuk berkoordinasi dengan Dinkes Sumut dalam upaya mencegah penyebaran varian XBB.

Kendati telah melakukan serangkaian upaya tersebut, Ismail menyebut kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti mencuci tangan, menggunakan masker dan menghindari kerumunan, hal yang tak kalah penting.

Masyarakat juga diminta untuk melengkapi vaksinasi Covid-19 hingga dosis ketiga untuk meningkatkan proteksi terhadap penularan virus Corona.

"Kami mengimbau masyarakat segera ke petugas kesehatan apabila mengalami gejala Covid-19," kata dia.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut memperketat pintu masuk dan pengawasan terhadap pelaku perjalanan untuk mengantisipasi Covid-19 varian XBB
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News