Bobby Nasution Soal Gagal Ginjal Akut Misterius di Medan: Ada 8 Kasus, 6 Meninggal

Kamis, 20 Oktober 2022 – 15:35 WIB
Bobby Nasution Soal Gagal Ginjal Akut Misterius di Medan: Ada 8 Kasus, 6 Meninggal - JPNN.com Sumut
Ilustrasi - Pemeriksaan ginjal. (ANTARA/Shutterstock)

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution membeberkan jumlah anak di Kota Medan yang mengalami gagal ginjal akut misterius.

Berdasarkan data yang diterimanya per Rabu (19/10), ada sebanyak delapan kasus gagal ginjal akut misterius di Kota Medan. Dari jumlah tersebut, enam diantaranya meninggal dunia.

"Di Medan per kemarin, ada delapan kasus, enam di antaranya dinyatakan meninggal dunia, sampai hari kemarin ya, yang hari ini belum saya update lagi," kata Bobby Nasution, Kamis (20/10).

Bobby turut mengimbau kepada orang tua di Medan agar menyetop sementara pemberian obat berbentuk cairan atau sirop kepada anak.

"Imbauan yang ingin kami sampaikan, terkhusus untuk para orang tua, dalam beberapa waktu ke depan tidak menganjurkan dulu kepada anak untuk meminum obat sirop," kata Bobby Nasution.

Menantu Presiden Joko Widodo itu menyebut penyetopan sementara itu sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan.

Sebab, kata Bobby, kandungan dalam sirop tersebut diduga menjadi penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak.

"Seperti yang sudah disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (menyetop sementara obat sirop,red). Obat sirup yang mengandung parasetamol, karena ada kandungan di dalamnya yang mungkin ini penyebab dari kasus gagal ginjal ini," ujarnya.

Wali Kota Medan Bobby Nasution membeberkan jumlah anak di Kota Medan yang mengalami gagal ginjal akut misterius
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia