Bobby Nasution Segera Lakukan Pelebaran Sungai Bederah Solusi Mengatasi Banjir Medan

Jumat, 09 September 2022 – 18:00 WIB
Bobby Nasution Segera Lakukan Pelebaran Sungai Bederah Solusi Mengatasi Banjir Medan - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat meninjau kondisi Sungai Bedera. Foto: Pemko Medan

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution melakukan sejumlah langkah-langkah mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan. Salah satunya dengan normalisasi dan pelebaran Sungai Bederah.

Banjir di ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih menjadi persoalan saat intensitas hujan tinggi. Penyebab utamanya lantaran terjadinya penyumbatan sejumlah drainase di kota dan pendangkalan sungai.

Sungai Bederah adalah salah satu saluran pembuangan air di kota saat terjadi hujan. Bobby Nasution sudah melakukan pembenahan di sejumlah drainase, namun intensitas hujan yang lebat masih menyebabkan genangan di beberapa wilayah.

Oleh sebab itu, normalisasi dan pelebaran Sungai Bederah sangat mendesak untuk dilakukan guna meminimalisir terjadinya banjir khususnya di dua kecamatan, yakni Kecamatan Medan Helvetia dan Kecamatan Medan Sunggal.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan Endar Sutan Lubis sebelumnya mengatakan normalisasi sungai Bedera segera di mulai dengan diawali pengosongan lahan di bantaran sungai Bedera yang merupakan aset negara.

Dia mengatakan sejumlah bangunan baik permanen maupun semi permanen sudah dilakukan pembongkaran yang melibatkan aparatur Pemko Medan di bantu personil TNI dan Polri.

"Pengosongan lahan yang merupakan aset negara ini merupakan bagian dari normalisasi Sungai Bedera yang diharapkan menjadi salah satu solusi pengendalian banjir di Medan, khususnya di kawasan Kecamatan Medan Helvetia dan Sunggal." kata Endar Sutan Lubis.

Endar Sutan Lubis juga menyatakan sebelum dilakukan pembongkaran, Pemko Medan terlebih dahulu memberikan imbauan dan peringatan pengosongan kepada masyarakat yang mendirikan bangunan di atas tanah negara itu.

Pemkot Medan akan memulai normalisasi Sungai Bedera untuk mengatasi permasalahan banjir di dua kecamatan yakni Medan Helvetia dan Medan Sunggal
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia