Unik, Warga di Medan Ini Gelar Upacara Kemerdekaan RI di dalam Sungai Deli

Rabu, 17 Agustus 2022 – 14:30 WIB
Unik, Warga di Medan Ini Gelar Upacara Kemerdekaan RI di dalam Sungai Deli - JPNN.com Sumut
Warga Kampung Aur saat menggelar upacara HUT ke-77 RI di atas sungai, Rabu (17/8). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Ada yang berbeda dalam upacara HUT RI di Kota Medan. Jika lazimnya uacara HUT Kemerdekaan digelar di sebuah lapangan atau di area terbuka, namun berbeda dengan yang dilakukan warga ini.

Di Kota Medan, ada sejumlah warga yang yang melakukan upacara HUT ke-77 RI dengan konsep yang berbeda. Mereka menggelar upacara di dalam Sungai Deli.

Kegiatan upacara itu digelar oleh Sanggar Perkasa bersama dengan masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Deli itu, tepatnya warga di Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun, Medan, Rabu (17/8).

Jika biasanya peserta upacara akan berbaris di lapangan, tetapi dalam kegiatan kali ini, para peserta upacara berbaris di dalam sungai, bersama dengan pemimpin upacara.

Sementara pembina upacara berada di sebuah panggung kayu yang dibangun oleh panitia di atas sungai, sedangkan anggota pasukan pengibar bendera berada di bagian pinggir sungai.

Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, langsung turun ke dalam sungai untuk berbasah-basahan.

Tak hanya upacara, warga juga akan menggelar sejumlah perlombaan lainnya, seperti fashion show hingga panjat pinang.

"Kami buat upacara bendera di sungai ini melibatkan seluruh elemen di sini, bahwasanya kami peduli dengan Sungai Deli ini," kata Ketua Umum Sanggar Perkasa Majid.

Prosesi upacara HUT RI tak melulu harus digelar di sebuah lapangan atau di area terbuka.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News