Tugu Titik Nol Medan Dihancurkan Anak Buah, Bobby Nasution: Bukan Heritage

Senin, 15 Agustus 2022 – 20:00 WIB
Tugu Titik Nol Medan Dihancurkan Anak Buah, Bobby Nasution: Bukan Heritage - JPNN.com Sumut
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat diwawancarai mengenai penghancuran Tugu Titik Nol Medan, di Balai Kota, Senin (15/8). Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution merespons soal penghancuran Tugu Titik Nol yang dilakukan anak buahnya di depan Kantor Pos Medan, Jalan Balai Kota, Kota Medan.

Tugu yang biasanya dikenal dengan Tugu Titik Nol Kota Medan itu, kini telah rata dengan tanah.

Bobby menegaskan bahwa tugu tersebut tidak masuk dalam bangunan peninggalan sejarah atau heritage Kota Medan. Namun, lokasi berdirinya tugu tersebut, kata Bobby,  masuk dalam kawasan titik nol Kota Medan.

"Itu bukan heritage, kalau nol kilometernya heritage, yang heritage itu adalah kantor pos," kata Bobby Nasution saat diwawancarai di kantor Balai Kota Medan, Senin (15/8).

Menantu Presiden Joko Widodo itu mengklaim pihaknya telah mendata seluruh heritage yang ada di Kota Medan. Berdasarkan data tersebut, Tugu Titik Nol itu tidak masuk dalam heritage Kota Medan.

"Itu yang di situ bukan heritage, yang heritage itu sudah kami data semua bangunan heritage di Kota Medan walaupun bukan aset Pemko Medan," ujarnya.

Bobby Nasution menjelaskan bahwa penghancuran tugu itu menjadi bagian dari revitalisasi Lapangan Merdeka yang saat ini dalam proses pengerjaan.

Nantinya, kata Bobby, pihaknya akan kembali membangun tugu di lokasi tersebut dengan bentuk yang berbeda.

Wali Kota Medan Bobby Nasution merespons soal penghancuran tugu yang berada di depan Kantor Pos Medan, Jalan Balai Kota.
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News