PUPR Bakal Sulap Kawasan Kumuh Belawan, Bobby Nasution: Persoalan Ini Sudah Puluhan Tahun

Senin, 15 Agustus 2022 – 10:00 WIB
PUPR Bakal Sulap Kawasan Kumuh Belawan, Bobby Nasution: Persoalan Ini Sudah Puluhan Tahun - JPNN.com Sumut
Kondisi kehidupan warga di Medan Belawan di tengah Banjir rob yang merendam ratusan rumah di kawasan tersebut. Foto: Dokumentasi pribadi untuk JPNN.com

sumut.jpnn.com, MEDAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan penataan kawasan kumuh yang berada di lima kelurahan di Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Kelima dari total enam kelurahan di Kecamatan Medan Belawan itu, yakni Kelurahan Bagan Deli, Belawan Bahari, Belawan Bahagia, Belawan I, dan Belawan II.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan mendukung dan berharap penataan tersebut dapat segera mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat di kawasan paling Utara Kota Medan itu.

Selain kawasan kumuh, Bobby Nasution, masyarakat di pesisir Kota Medan ini juga selalu dilanda banjir pasang besar atau banjir rob.

"Persoalan di Belawan ini sudah puluhan tahun terulang, dan hingga kini belum pernah ditangani secara sistematis atau menyeluruh mulai banjir rob sampai penataan kawasan kumuh," ucap Bobby.

Oleh sebab itu, menantu Presiden Joko Widodo ini berharap dengan upaya penataan kawasan kumuh dan pembangunan tembok banjir rob, masyarakat dapat merasakan manfaat pembangunan yang dilakukan pemerintah baik pusat maupun pemerintah daerah.

"Penanganan banjir rob ini merupakan keinginan warga itu sendiri. Kami akan memberikan contoh pembangunan yang dilakukan, seperti di Kota Tanjungpinang," jelas suami Kahiyang Ayu itu.

Sebelumnya, Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah I Kementerian PUPR Hari Suko Setiono menyebut tim telah melakukan verifikasi langsung ke lapangan terkait pembangunan tanggul rob yang akan dilakukan.

Kementerian PUPR akan melakukan penataan permukiman kumuh dan banjir rob di kawasan Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumut
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia