Edy Rahmayadi, Bobby dan Menteri Dampingi Jokowi saat Peletakan Batu Pertama Lapangan Merdeka Medan

Kamis, 07 Juli 2022 – 17:00 WIB
Edy Rahmayadi, Bobby dan Menteri Dampingi Jokowi saat Peletakan Batu Pertama Lapangan Merdeka Medan - JPNN.com Sumut
Presiden Jokowi saat memimpin peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, Kamis (7/7). Foto: Setpres

sumut.jpnn.com, MEDAN - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memimpin peletakan batu pertama menndai dimulainya proyek revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, Kamis (7/7).

Tak hanya sendiri, Presiden Jokowi memboyong para menterinya seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pertanian Syahrul Yasin.

Selain itu turut hadir Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Naskution.

Peletakan batu pertama itu dilakukan seusai Presiden Jokowi menghadiri puncak perayaan Hari Keluarga Nasional ke-29 yang digelar di Lapangan Merdeka Medan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini secara resmi saya nyatakan revitalisasi Lapangan Merdeka di Medan, Sumatera Utara dimulai," ujar Presiden Jokowi.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan bahwa revitalisasi Lapangan Merdeka ini merupakan salah satu upaya Kota Medan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Salah satu bagian yang direvitalisasi adalah pendopo yang akan dibuat menjadi panggung rakyat.

Selain itu, Lapangan Merdeka juga akan diintegrasikan dengan stasiun kereta api untuk mendukung pembangunan kawasan rendah karbon dan memperkuat potensinya sebagai transit hub dan transit oriented development (TOD).

"Nanti, jadi buat panggung rakyat dan ini kamj buat dua lantai tapi ke bawah. Di bawah nanti ada bangunan yaitu bangunan pertama museum, dan ruang pertemuan, dan ini integrated antara Lapangan Merdeka dan stasiun yang nanti akan kami buka aksesnya," ujar Bobby Nasution.

Dalam panel yang dijelaskan juga tertulis konsep utama revitalisasi Lapangan Merdeka adalah pelestarian ruang kota bersejarah dan dinamika rancang kota kontemporer.

Presiden Joko Widodo secara resmi memimpin peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, Kamis (7/7).
Facebook JPNN.com Sumut Twitter JPNN.com Sumut Pinterest JPNN.com Sumut Linkedin JPNN.com Sumut Flipboard JPNN.com Sumut Line JPNN.com Sumut JPNN.com Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sumut di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia